Jumat, Mei 24, 2019
alasanpuasa
radio
Selasa, 16 April 2019 07:43

Tojo Unauna Menjadi Cagar Biosfer Dunia

 

Bupati Tojo Unauna akan diundang menghadiri sidang MAB-ICC UNESCO ke-31 di Paris, Perancis.

Alasannews.com -- Insya Allah, Tojo Unauna akan menjadi Cagar Biosfer Dunia yang akan ditetapkan oleh Badan Pendidikan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) pada bulan Juni 2019. Dalam kaitan ini, Bupati Tojo Unauna akan diundang untuk menghadiri Sidang ke-31 "The Man and Biosphere International Co-ordinating Council UNESCO" di Paris, Perancis pada tanggal 17-23 Juni 2019.

Sesuai nomenklatur yang diusulkan bulan Agustus 2018 lalu; yaitu Cagar Biosphere Togean - Tojo Unauna, maka dipastikan seluruh kawasan di Kabupaten Tojo Unauna akan menjadi prioritas pengembangan promosi UNESCO dimasa mendatang.

Pencanangan Cagar Biosfer merupakan pengakuan dunia internasional atas komitmen pemerintah daerah dalam memperhatikan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan (suistainable development).

Keikutsertaan pimpinan daerah dalam sidang MAB-ICC di Paris, Perancis mendatang akan menjadi momentum bagi PEMDA Tojo Unauna untuk membuktikan komitmen terhadap bidang pembangunan berkelanjutan kepada dunia internasional. Sekaligus menjadi peluang untuk ajang promosi keunggulan dan kekayaan sumberdaya alam dan budaya Tojo Unauna.

Pengakuan dunia internasional bukan saja berdampak positif bagi peningkatan laju kunjungan wisata. Tetapi sekaligus peningkatan pembangunan daerah melalui pengembangan kerjasama nasional dan internasional dibidang pendidikan, kebudayaan, penelitian, konservasi dan pariwisata, ssrta pengembangan ekonomi masyarakat lokal.

UCAPAN TERIMA KASIH.

Sidang MAB-ICC UNESCO Ke-31 bulan Juni 2019 direncanakan mengukuhkan 2 (dua) kawasan Cagar Biosfer baru di Indonesia; yaitu Cagar Biosphere Tambora di Nusa Tenggara Barat dan Cagar Biosphere Togean-Tojo Unauna di Sulawesi Tengah.

Dengan masuknya Tojo Unauna dalam agenda sidang MAB-ICC ini akan menjadi pondasi penting bagi pembangunan kepariwisataan, terutama dibidang promosi dan pemasaran pariwisata Tojo Unauna dimasa mendatang. Olehnya, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Tojo Unauna mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Bupati, bapak Mohammad Lahay, SE yang telah mendukung percepatan proses pengajuan usulan Cagar Biosfer; serta proses pembentukan Forum Cagar Biosphere sebagai salah satu prasyarat pengajuan usulan ke UNESCO.

Lebih dari itu, BPPD juga mengapresiasi komitmen kebijakan Bupati dalam memajukan promosi pariwisata Tojo Unauna dengan menerbitkan Peraturan Bupati No.50 tahun 2017 tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Badan Promosi Pariwisata Daerah Tojo Unauna; sebagai implementasi amanat Pasal 43 Undang-Undang No 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan; serta amanat Pasal 58 Peraturan Daerah No.7 Tahun 2013 tentang RIPPARDA Tojo Unauna 2010-2025.

Dengan terbentuknya Badan Promosi Pariwisata Daerah, maka partisipasi multi-pihak untuk mengembangkan promosi pariwisata Tojo Unauna semakin meningkat. Sehingga dengan demikian, tugas dan fungsi pengembangan promosi dan pemasaran pariwisata Tojo Unauna tidak lagi semata bertumpu pada program dinas sektoral.

BPPD juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-sebesarnya kepada Bapak Ir. Bustang, Kepala Balai TNKT yang dengan gigih berkordinasi dan bekerjasama membantu menfasilitasi dan mediasi dengan Program MAB UNESCO Indonesia sehingga dapat meringankan beban kerja stakeholdes di daerah. Tentu, bantuan yang tidak ternilai dan patut diapresiasi adalah kerja keras penyiapan data dan dukungan informasi yang dibutuhkan membantu suksesnya pengajuan usulan ke UNESCO.

Terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan atas usulan Cagar Biosfer, serta partisipasinya dalam diskusi-diskusi pendahuluan diawal tahun 2018. Sebuah pengalaman kerjasama yang membanggakan. Semoga dapat memberi kemaslahatan bagi kehidupan bersama. Congratulation. Terima kasih & Selamat buat BUPATI TOJO UNAUNA dan Balai TNKT.

(Direktur Eksekutif BPPD Tojo Unauna).

Baca 34 kali

Kontak Polisi

RESOR PALU