Jumat, November 22, 2019
Iklan Haji
Artikel
Kuliner

Kuliner (24)

Sabtu, 16 November 2019 09:34

Menikmati Kopi Tanpa pemanis

Ditulis oleh


Alasannews.com JAKARTA | Kopi tanpa rasa manis memang kurang enak, namun Anda bisa menyiasatinya dengan cara minum kopi enak tanpa pemanis ini. Yuk, coba!


Bagi sebagian orang kopi adalah salah satu minuman favorit, bahkan ada orang yang harus selalu minum kopi tiap hari. Kopi memiliki banyak jenis dan terbagi ke dalam 2 kelompok yaitu robusta dan arabika dari segi bijinya. Sementara untuk menikmati kopi ada variasi berupa versi tanpa pemanis atau dengan pemanis.


Kopi dengan pemanis terdapat pada menu latte, cappuccino, caramel macchiato, es kopi Vietnam, dan lainnya. Namun bagi orang yang sedang diet, kopi menggunakan pemanis adalah pantangan. Karena kopi ini mengandung kalori tinggi yang tak selaras dengan prinsip penurunan berat badan.


Jika Anda sangat ingin meminum kopi saat diet, Anda bisa meminumnya, namun jangan pakai pemanis. Tips berikut ini akan membuat Anda bisa minum kopi enak tanpa menambahkan pemanis.


Dirangkum dari Skillet (11/11), beberapa tips ini dapat membuat Anda bisa menikmati kopi tanpa pemanis ketika sedang diet.


1. Tambahkan krimer


Jika biasanya Anda tidak pernah meminum kopi tanpa krimer dan lebih memilih kopi pakai gula, kali ini Anda harus melakukan hal sebaliknya. Karena krimer merupakan sumber lemak, lebih baik menambahkan sumber lemak ini dalam kopi dibandingkan menambahkan gula. Krimer menambahkan rasa creamy dalam kopi dan dapat meredam rasa pahit serta melembutkan rasa kopi.


2. Ganti jenis kopi


Anda mungkin memiliki jenis kopi favorit, namun tak ada salahnya mencoba kopi jenis lain. Penggantian jenis lain ini dapat membantu Anda dalam memilih kopi yang pas untuk diminum tanpa pemanis. Karena biasnaya di setiap coffee shop memiliki jenis kopi yang beragam mulai dari blonde, medium, dan dark. Anda harus mencobanya satu per satu, dan Anda akan menemukan kopi yang pas diminum tanpa pemanis.


3. Buat es kopi


Jika Anda tidak menyukai kopi yang strong, Anda bisa membuat kopi tersebut menjadi dingin dengan menambahkan es batu. Itu akan membuat kopi pahit Anda terasa nikmat walaupun tanpa pemanis tambahan.


4. Tambahkan kayu manis


Anda bisa tambahkan kayu manis bubuk ke dalam kopi Anda jika ingin tetap menikmati kopi Anda tanpa pemanis. Karena kayu manis selain menimbulkan aroma yang harum juga bisa memberi sentuhan rasa manis alami.


Puan

Kamis, 10 Oktober 2019 06:58

Rasakan Nikmat Seduhan Kopi di Pagi Hari

Ditulis oleh

alasan. KULINER | Secangkir kopi di pagi hari sangatlah nikmat. Ternyata kopi 'melakukan' hal ini pada otak Anda saat dihirup pertama kali.

Kopi akan memberi kejutan saat orang mencicip cangkir pertamanya di pagi hari. Efek yang ditimbulkan beragam seperti antisipasi hingga rasa senang usai menyesapnya.

Kopi sendiri memang disukai banyak orang dan dipilih sebagai 'teman' sarapan. Minum kopi bisa langsung memberi suntikan semangat dan fokus. Inc (9/10) mengungkap hal yang 'dilakukan' kopi pada otak Anda saat diminum pagi hari


1. Memikirkan kopi
Sebelum meminumnya, memikirkan kopi di pagi hari sudah memiliki efek untuk seseorang. Sebab sistem endokrin akan membuat dan menghasilkan dopamine, sebuah hormon kesenangan antisipatif. Hal ini menurut Lumen's Introduction of Psychology. Dengan kata lain, Anda akan merasa senang bahkan hanya dengan memikirkan akan minum kopi.

2. Membuat kopi
Karena Anda mengaitkan kopi dengan kesenangan, segala hal yang Anda lakukan untuk meminum kopi menciptakan respons Pavlovian. Menurut Journal of Social Science Information, isyarat lingkungan seperti menyeduh kopi Anda sendiri atau menyetir ke kedai kopi favorit Anda juga melepaskan dopamin lebih banyak ke otak.


3. Mencium aroma kopi
Aroma sewaktu-sewaktu bisa mengingatkan Anda akan pengalaman lalu karena aroma bersifat sebagai pengingat otak yang kuat. Menurut jurnal dari American Chemical society, "Aroma kopi mengatur ekspresi lebih dari selusin gen dan perubahan ekspresi protein." Dengan kata lain, "bangun dan mencium aroma kopi" lebih dari sekadar metafora.

4. Minum kopi
Tubuh Anda menyerap kafein dengan cepat, jadi itu langsung menyentuh otak hanya dalam beberapa menit. Saat kafein tersebut masuk, akan menempel pada neuron Anda dan menarik hormon adenosine yang dapat menyebabkan kantuk.

Namun saat hormon adenosine tersebut tidak mengikat pada neutron Anda, itu akan menyebabkan Anda terjaga, bangun, dan lebih berenergi. Setelahnya sistem endokrin bereaksi karena tidak adanya adenosine yang mengikat glutamat, dan membuat neutron Anda meningkatkan kemampuan belajar dan mengingat.


5. Usai minum kopi
Setelah Anda selesai minum kopi pertama, Anda akan bersemangat. Ini sangat kontras saat Anda bangun dari tidur. Karena saat Anda bangun tidur, hormon adenosine akan memenuhi otak dan Anda merasa gelisah selama tidur.

Pada cangkir berikutnya, Anda akan terjaga dan berfungsi dengan baik. Cangkir kedua ini akan membantu setelah Anda makan karena akan membuat fokus kembali pada apa yang sedang Anda kerjakan. Tapi tetap itu tidak akan memberikan efek yang sama seperti pada kopi pertama.

Jadi itu semua tergantung pada pilihan Anda, ingin meminum kopi "pertama" pada saat kapan. Saat pagi hari itu akan membuat bersemangat. Dan jika kopi itu diminum saat malam hari, kopi akan membuat terjaga dari tidur.detikfood.

 -puan-

 

Minggu, 06 Oktober 2019 06:39

Mencoba Kuliner Tradisional Tolitoli, The Ambal

Ditulis oleh

@lnews.com, kuliner | Tolitoli, sebuah daerah berada di Utara Sulawesi Tengah, Berbatasan dengan Kabupaten Buol dan Laut Sulawesi yang berbatasan dengan Malaysia dan Philifina. Sebagian masyarakat bertani dan berladang dan nelayan serta berdagang. 

Membujur dari Kombo ke Lakuan dan dihuni berbagai etnis, sehingga daerah berpenduduk asli, Dampaa, Dondo dan Tolitoli ini dibilang daerah terbuka dengan kemajemukannya.

Soal makanan atau panganan, daerah penghasil cengkeh terbesar di Sulteng itu memiliki beberapa makanan tradisional. Pagi ini, salah satunya dapur redaksi alasannews.com,  mengenalkan Ambal atau the Ambal.

Sepintas, bahannya sederhana yaitu dari Sagu (setengah kering), ikan teri, kelapa dan racikan bumbu garam dan kunyit. Bahan tambahan lainya seperti, cemangi atau kemangi, bawang.

Cara masaknya, semula sagu di keringkan setengah, ikan dicampur kelapa parut yang sudah dicampuri bumbu. Dimasak di atas tungku bara kayu yang apinya tidak boleh terlalu nyala, menggunakan alat seperti penggorengan namun akan manyus menggunakan alat masak yang terbuat dari tanah liat seperti di gambar ini.

Suku Tolitoli biasanya menyajikan makanan ini jelang tengah hari atau jelang petang. Cara makanya, ambal yang telah matang dicocolkan ke sambel atau dabu-dabu (tutudokan) yang biasanya terbuat dari, cabe, yang dihaluskan setengah, jeruk nipis serta garam secukupnya.

Kini, makananan tradisional mulai menjadi kuliner untuk menambah penghasilan keluarga. Ragamnya pun tidak hanya dicampur ikan teri (latan), ada yang tengahnya gula merah dan ada juga sayuran bayam merah.

Selain manyus, mengandung protein yang tinggi dan karbohidrat yang bisa menjadi bahan asupan jelang siang dan malam. Selamat menikmati dan berhari minggu.

-puan-

Minggu, 29 September 2019 09:11

Ngopi Yuk! di Sedjenak Saja

Ditulis oleh

JAKARTA --  Selama ini orang mengandalkan air putih untuk menghilangkan rasa haus. Tapi penelitian mengungkap kalau air putih bukan cairan terbaik untuk menghidrasi tubuh.

Ketika merasa haus, orang akan segera menyambar air putih untuk menghidrasi tubuh. Selama ini air putih selalu diandalkan untuk melegakan tenggorokan saat merasa dehidrasi.

Dilansir dari CNN (28/9) ternyata H2O atau air putih bukan cairan terbaik untuk meredakan rasa haus dan menghidrasi tubuh. Penelitian yang dilakukan di Universitas St. Andrew di Skotlandia membandingkan hidrasi antara air putih dengan.

Tapi, kebanyak orang tetap mempercayai air putih sebagai pelepas dahaga yang terbaik. Meskipun ilmuwan menepis hal itu. Tubuh akan lebih baik butuh protein jika dalam keadaan haus. Sehingga, air terasa manis akan lebih efektif dalam melepasa dahaga atau rasa haus tersebut.

Cafe Sedjenak di bilangan Sabang Jakarta, buka di pagi hari menawarkan untuk anda bisa mengatasi haus sejenak yang identik dengan nama cafenya "Sedjenak".

Sensaji kopi atau teh dan ada menu sarapan juga tersedia di cafe ini. Menempati ruwng berpendingin yang relatif minimalis, membuat kita nyaman selama di tempat ini--bukan sejenak.

Bagi anda yang usai mengikuti acara CFD bisa juga mampir ngopi atay ngeteh ke sini. Cafe ini juga menawarkan cemilan bagi anda sekeluarga, yang selepas mengikuti acara CFD Mona-HI pun bisa mampir di sini.

Foto: Pendiri PWO H Taufik dan sahabat menikmati Sensasi Kopi Luwak Bali Pulina

BALI-- Ingin menikmati kopi di pematang sawah dengan pemandangan asri, dengan segala sensasinya ?

Singgahlah ke Bali Pulina Plantation, kawasan Tegal Alang, Gianyar, Bali Di tempat ini Anda bisa menikmati aneka kopi. Mulai kopi Bali, Ginger kopi, Ginseng kopi, Cocont kopi dan berbagai jenis kopi lannya. Dan yang paling top adalah kopi luwak.

Yang menarik, kopi luwak disajikan langsung dan diproduksi di tempat ini. Para pelayan dengan ramah menjelaskan kepada pengunjung proses pembuatan kopi luwak, dari hewan luwak memakan biji kopi, mengelurkannya dalam bentuk kotoran.
Lalu proses pencucian, pengeringan, sampai proses penggilingan.

Menurut Setia Nadi Layata, tour gaeder yang mendampingi tim jurnalis Perkumpulan Media Online (PWO), ada sekitar 16 luwak yang dipelihara di tempat ini. "Setiap hari luwak-luwak itu mengeluarkan kotoran yang siap diolah dan disajikan pada pengunjung', jelas Setia.

Menikmati kopi luwak di Bali Pulina, ujar Setia, sangat nikmat dan sensual, apalagi disajikan dengan cemilan pisang goreng dan lupis (Putri)

Kamis, 26 September 2019 16:51

Menimati Teh Trotoar, Usahanya Nyaman

Ditulis oleh

NIKMATNYA teh Trotoar atau warung teh dan kopi berjalan. Ini, entah kapan di mulainya. Yang jelas, penikmat teh trotoar, bukan hanya hanya kalangan bawah. Dengan penghasilan bersih 150 ribu sampai 300 ribu bersih per harinya, teh trotoar semakin menjamur.

Dede (21) asal Sukabumi Jawa Barat, merambah kota metropolitan Jakarta tiga tahun lalu, modalnya hanya menjajakan teh dari trotoar satu ke trotoar lainnya. Berpindah dqn berpindah, ia mampu mengayu sepedenya sampai berkilo kilo meter.

Alhasil, Dede mengaku nyaman dengan usaha yang dalam sehari jalan bisa meraup keuntungan bersih 200 an ribu. 

"Ya modal satu sepeda ini sekitar sejuta. Alhamdulilah, sehari bisa dapat 200 ribu bersih," ujar Dede.

Lain lagi Asep (34), pria asal Bogor ini sabar hari bisa mengumpulkan sampai 500 ribu kotor. Ya bersih, lumayan pa bisa untuk hidup anak dan istri serta bayar kost, di bilangam Petamburan Jakarta.

Menurut keduanya, lebih baik cari duit seperti ini dari pada kerja sama orang. Suka duka kerja sama orang dan kerja kerja sendiri kata mereka, lebih nyaman usaha sendiri.

Memulai kerja pagi hari hingga malam, pengayu teh atau kopi trotoar di Jakarta sangat menjanjikan bagi mereka. Buktinya, Karim asal Banyuwangi, mengaku bisa bangun rumah di kampung. 

"Ya lumayan pak. Lima tahun saya begini, bisa bangun pondok di kampunh," ujarnya merendah.

Teh atau kopi trotoar, juga menyiapkan mis instan, kacang goreng dan beberapa minuman suset lainnya mereka jajakan ke penikmat teh trotoar. Ya, bukan hanya orang bawahan pak, om-om berduit naik mobil mewah juga minum teh kami, kata Karim.

Puan

Senin, 23 September 2019 07:37

Jantung Berdebar usai Ngopi, Ini Penjelasannya

Ditulis oleh

Alasannews.com, Jakarta | Sebagian orang pernah merasa jantungnya berdebar-debar setelah minum kopi atau usai ngopi. Kondisi jantung yang berdebar yang merupakan efek dari kopi atau kafein ini, seringkali membuat khawatir.

Menurut dokter ahli jantung dan pembuluh darah Rumah Sakit Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, dr BRM Ario Soeryo Kuncoro, SpJP(K), FIHA, jantung berdebar merupakan keluhan subjektif atau efek dari kopi yang dirasakan oleh seseorang. Jantung berdebar ini bisa dilihat dari dua kondisi irama jantungnya, yaitu jenis iramanya dan frekuensinya.

"Kalau frekuensinya terlalu cepat ataupun lambat, itu bisa jadi keadaan yang mengkhawatirkan dan menjurus ke membahayakan. Tapi, kalau dia berdebar-debar tapi sampai membuat irama jantung tidak teratur, bisa jadi peringatan, barangkali harus berobat untuk memastikan irama jantungnya normal atau tidak ke pelayanan kesehatan," jelasnnya.

dr Ario juga menjelaskan, apabila jantung berdebar keras namun irama dan frekuensinya normal hingga membuat seseorang tidak nyaman, harus segera diperiksakan ke dokter.

"Untuk keadaan jantung yang berdebar keras namun frekuensi dan iramanya normal dianjurkan untuk segera ke dokter. Nanti akan diberikan obat-obatan yang bisa mengurai keluhan tersebut, sampai menunggu efek dari kopi atau kafein tersebut hilang," tuturnya.puan/detikhealth

 

Rabu, 18 September 2019 07:47

Racikan Kopi, Bisa Gambarkan Pribadimu

Ditulis oleh

Alasannews.com, JAKARTA | Tren minum kopi saat ini, sudah merambah semua usia. Kalangan milenial, banyak sudah menghabiskan waktunya duduk menikmati kopi di cafe-cafe.

Tapi, tiap penggemar kopi memiliki racikan kopi favoritnya masing-masing. Pilihan akan jenis kopi pun rupanya bisa menggambarkan kepribadian.

New York Post (13/9) melaporkan sebuah survei baru terhadap 2.000 orang Amerika melihat ciri-ciri kepribadian orang berdasarkan kopi favoritnya. Seperti misalnya kopi hitam, kopi dengan gula, dengan susu atau dengan keduanya.

Terungkap bahwa mereka yang ambivert alias tipe kepribadian di antara introvert dan ekstrovert, lebih memilih paduan kopi dengan susu dan gula. Jumlahnya mencapai 45%.


Studi ini digelar OnePoll atas nama Dutch Bros. Hasil survei juga mengungkap bahwa ketika sampai pada pertempuran antara kucing dan anjing, pencinta kopi hitam lebih memilih anjing. Seperti halnya pada seseorang yang memilih kopi dengan gula atau susu dengan gula.


Partisipan yang lebih memilih susu saja di kopi mereka kemungkinan besar adalah sosok diplomatis. Mereka juga mengatakan sama-sama suka anjing dan kucing dengan persentase 38%.

Ketika memilih musim favorit, peminum kopi hitam memilih musim dingin sebagai jawabannya (40%). Sedangkan mereka yang suka menambahkan sesuatu pada kopi memilih musim panas sebagai musim favorit sepanjang tahun.

Dalam hal astrologi, peneliti menyebutkan orang yang lebih suka kopi hitam atau kopi dengan gula kemungkinan besar zodiaknya adalah Taurus. Sementara orang yang suka menambahkan susu lebih cenderung Aries.

Lain lagi dengan Leo yang lebih mungkin menambahkan sedikit susu dan gula ke cangkir kopi pagi mereka.

Bukan hanya itu, dengan kopi favorit Anda juga dapat tunjukkan kebiasaan tidur. Menurut survei ini, peminum kopi hitam ternyata yang paling merasakan tidur dengan nyenyak.

Hasil survei juga mengungkap 48% peminum kopi hitam ternyata bisa terbangun akibat suara sekecil apa pun. Mereka juga menggambarkan diri selalu tepat waktu akibat tidurnya yang nyenyak.

Empat dari sepuluh orang yang minum kopi dengan gula mengaku sering tepat waktu. Kemudian untuk orang yang minum kopi dengan susu dan gula, adalah kelompok yang paling tidak pernah tepat waktu.

Hasil dari survei ini dibenarkan oleh Aileen Garibay, barista Dutch Bros Coffee, "Membuat kopi dan berhubungan dengan kepribadian orang-orang adalah tujuan kita semua. Kami benar-benar melihat gaya dan kepribadian seseorang dalam semua cara mereka membuat minuman unik," pungkas Aileen.

PUAN

 

CUMAN punya kentang dan telur? Atau malas makan nasi saat sarapan? Bikin saja orak-arik yang gurih dan kaya nutrisi ini. Cukup 15 menit!

Kentang merupakan salah satu umbian yang kaya akan karbohidrat dan serat. Tiap 100 g kentang rebus mengandung 103 kalori, 19.52 gram karbohidrat dan 1.7 gram. Sementara 100 g nasi kalorinya 130 gram, mengandung 28.1 gram karbohidrat dan 1.4 gram serat. Dibandingkan dengan nasi kandungan karbohidratnya lebih kecil. Karenanya kentang digemari oleh pelaku hidup sehat atu mereka yang sedang berdiet.

Bersama telur kentang bisa menjadi sajian sarapan penuh nutrisi. Apalagi jika ditambah dengan sayuran lain. Kandungan protein dan lemak dari telur bisa memberi asupan sehat di pagi hari.

Jika tak punya banyak waktu menyiapkan di dapur. Resep orak-arik kentang dan telur ini bisa jadi pilihan. Mudah dibuat dan isiannya bisa ditambahkan sesuai selera. Coba saja ikuti 3 langkah mudah ini.

Puan/detikhealth

 

Jumat, 13 September 2019 07:47

Telur Panggang Praktis Buat Sarapan

Ditulis oleh

foto:ist

Alasan Kuliner | Hanya punya stok telur? Dengan sedikit kreasi tambahan bahan, telur bisa diolah jadi telur panggang yang creamy enak buat sarapan.

Kalau bosan dengan telur goreng, omelet atau orak-arik, bikin saja telur panggang. Dikenal dengan nama Baked Eggs, sajian telur ini populer sebagai menu sarapan. Telur yang hangat dan gurih ini bisa ditambah aneka isian.

Untuk paduan dan isiannya bisa dipakai bawang bombay cincang, daging asap cincang, irisan sosis, daun baang cincang, kucai cincang atau keju parut. Tak ada batasan, bisa Anda manfaatkan stok sayuran dan rempah yang ada di dapur.


Untuk mencetaknya bisa dipakai mangkuk tahan panas, cetakan muffin, atau cetakan cupcake silikon atau cup aluminium. Semua cetakan tahan panas bisa digunakan untuk Baked Eggs.


Proses pembuatannya cukup mudah, jika ingin membuat Baked Eggs dengan paduan keju, ikuti langkah pembuatannya berikut ini.

1. Untuk membuat 4 buah telur panggang, siapkan 1 sdm mentega, 4 sdm krim kental atau susu cair, 4 butir telur ayam negeri atau 2 butir telur ayam kampung. Sebagai bumbunya, garam, lada bubuk dan untuk taburannya 2 sdm keju cheddar parut.

2. Siapkan 4 wadah tahan panas, olesi tipis-tipis dengan mentega. Tuangi masing-masing dengan 1 sdm krim/susu.

5. Pecahkan telur ke dalam masing-masing wadah. Taburi dengan garm, lada dan keju parut. Panggang dalam oven panas 180 C selama 10-12 menit. Angkat dan sajikan hangat.puan/detikfood

Halaman 1 dari 2

Terkait Artikel

Kontak Polisi

RESOR PALU