Senin, Jun 17, 2019
radio
Senin, 27 Mei 2019 17:45

Pemandangan Pagi dari Puncak ?

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)

Pemandangan Pagi dari Puncak ?

Alasannews.com, Tolitoli-Sulteng | Memiliki areal hutan cengkeh paling luas, Tolitoli ternyata suatu potensi untuk spot wisata yang belum dilirik.

Dengan luasan hutan cengkeh terbesar di sulawesi, Tolitoli sebetulnya bisa memaksimalnya sebagai salah satu spot wisata baru.

Apalagi, beberapa areal hutan cengkeh ini didukung keindahan alam yang pantastis. Bahkan mencengangkan. Sebut saja kawsan hutan cengkeh di Laa Bengga (antara Tuwuley dan Ogomolli), ternyata memiliki keindahan tersendiri pagi atau di sore hari.

Meski bulan puasa, saya memuaskan diri untuk mengamati dari jauh betapa panoramanya menggoda untuk jadi spot wisata bila dikelola dengan baik dan profesional.

Bila anda menghadap ke barat, di sisi kanan pemandangannya tampak di kejauhan kota Tolitoli, membentang dari kaki gunung Tuweley hingga ke teluk sampai pulau Pulias masih terlihat jelas.

Di sisi kiri, panorama hutan cengkeh membentang digemerlap pancaran sinar matahari dari upuk Timur Gunung Dako. Sunggu suatu panorama yang indah.

Selain itu, masih disisi kiri kita bisa menyaksikan hamparan persawahan di bumi Galang yang merupakan lumbung beras Tolitoli.

Pagi itu, Minggu (26/5) di bulan puasa memang, tidak seramai di hari-hari lain di luar bulan puasa. Hanya ada beberapa warga dari Malosong, berolah raga jalan kaki menaiki mulusnya jalan lingkar yang menghubungkan Tuweley dan Ogomolli.

Tampak pula,  beberapa anak remaja mengarahkan HP mereka ke beberapa pemadangan alam mulai dari hutan cengkeh sampai laut lepas di Teluk Dondo.

Di hari biasa, kawasan puncak sudah menjadi sasaran warga untuk berlibur. Berlibur di sini seakan kita menyatu dengan alam. Bagaimana tidak, udara yang sejuk, hembusan angin sepoi-sepoi tersa menusuk badan kita.

 

Pemerintah, khususnya yang terkait dengan wisata harus sedini mungkin mengkampanye sadar wisata di kawasan ini. Ceceran sampah masyarakat mulai di beberapa bahu jalan dari arah Bambulayang Tuweley.

Kampanye wisata perlu!!!.suardi

Baca 72 kali Terakhir diubah pada Senin, 27 Mei 2019 17:54

Berikan komentar

TULIS PESAN

Kontak Polisi