Kamis, November 21, 2019
Sabtu, 28 September 2019 09:43

Tolitoli Tawarkan Destynasi Air Terjun

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)

DESTYNASI air terjun, merupakan salah satu potensi wisata Tolitoli, Sulawesi Tengah yang boleh dikata belum terjamah. Padahal, datang berlibur di akhir pekan di area air terjun sudah pasti bisa membuat kita fres dan sebagai sarana melepas kebisingan dan kesibukan selama sepekan.

Redaksi alasannews.com, pagi ini merekomendasikan beberapa lokasi air terjun hasil rekaman kamera amiruddin rahman. Setidaknya, tiga air air terjun yaitu di Galang, Basiodondo dan Lampasio.

Air terjun Batu Meelam (batu merah) di Desa Ogomatanang, Kecamatan Lampasio merupakan satu-satu objek wisata di desa itu yang saban minggi mendapat kunjungan. Dari kota Tolitoli sekitar 30 menit dengan roda empat.

Tempat ini, oleh pemerintah desa setempat mulai dibenahi dengan menyiapkan McK dan dego-dego untuk anda bisa  eristirahat sambil menikmati menu tentu bawaan sendiri. Sepintas, sudah ditata, namun keaslian alamnya tetap terjaga.

Lain hal dengan air terjun Batu Napak di Desa Labonu Kecamatan Basidondo, masih alami dan mulai didatangi orang setiap akhir pekan. Letaknya sekitar 500 metr dari jalan raya. Di sini ada dua air terjun dengan ketinggi  berbeda. 7 meter dan  14 meter. Belum ada fasilitas, gemuruh air dan kicau burung di sini aslinya.

Kemudian di air terjun di Malangga, Kecamatan Galang. Desa ini, memiliki empat air terjun. Ada yang bisa dijangkau dengan naik kendaraan trail roda dua, ada juga yang jalan kaki menelusuri hutan dan sungai sampai 10 jam lamanya.

Ingin berpetualang dengan alam hutan, ke air terjun di bagian Timur Malangga tempatnya. Dengan ketinggian sekitar 60 meter, membuat lokasi sekitar penuh dengan suara gemuruh air. Mengasyikkan bukan, tapi jika ke sini harus ada persiapan. Persiapan fisik karena harus jalan kaki dan persiapan bekal untuk tidak kelaparan.

Medan yang menantang, membuat air terjun ini jarang di kunjungi orang, kata amiruddin.

Orang menyebut, ini adalah air terjun si Mae mae.  Diambil dari bahasa Dondo yang artinya di atas (jauh).

Bagaimana dengan Anda?

Puan

 

Baca 135 kali Terakhir diubah pada Sabtu, 28 September 2019 10:17

Berikan komentar

TULIS PESAN

Kontak Polisi