Senin, Jun 17, 2019
radio
Buya
Sabtu, 08 Jun 2019 21:04

Lebaran Hari ke Empat, Burasa dan Sokko Tumbu Diminati

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)

Alasannews.com, Tolitoli-Sulteng | Lebaran H+4, kuliner atau panganan Burasa dan Sokko Tumbu paling diminati. Pantauan alasannews.com, Sabtu (8/6) atau pada  lebaran berlalu empat hari, minat masyarakat terhadap kedua jenis kuliner itu mulai meningkat.

Burasa yang terbuat dari beras yang dimasak dengan menggunakan campuran santan kelapa, merupakan khas bagi kaum muslim setiap lebaran idul fitri atau idul adha tiba.

Dibungkus dengan daun pisang, asal muasal panganan burasa belum terkuak secara pasti. Yang jelas masyarakat di dataran pulau Sulawesi, rata-rata mengenal jenis makanan yang satu ini.

Walau dimakan tanpa lauk atau sayuran, burasa tetap nikmat dengan rasa gurih yang khas. Biasanya, tempo dulu burasa ini hanya disantap dengan lauk berupa bajabu.

Lauk bajabu, kelapa yang diparut, dicampur ikan kering yang dihaluskan kemudian di sangrai, menjadi teman untuk menyantapnya.

Selain burasa, Sokko Tumbu juga menjadi salah satu makanan yang menjadi buruan pada lebaran-lebaran akhir. Sokko tumbu yang terbuat dari beras ketan, juga salah satu menu khas orang sulawesi yang hampir hadir disetiap rumah saat idul fitri atau idul adha tiba.

Konon, kedua panganan ini seakan menyempurnahkan lebaran kaum muslimin di dataran sulawesi bila disajikan kepada keluarga dan kerabatnya.

Baca 26 kali

Berikan komentar

TULIS PESAN

Empek Empek
Sekprov
MOH SALEH

Sulteng Terkini

Kontak Polisi

RESOR PALU