Selasa, Agustus 20, 2019
alasaniduladha
Buya
Rabu, 12 Jun 2019 02:14

Terkendala Hujan, Gabah Tak Kering, Petani Terancam Merugi, Sistem Oven Diwacanakan Pemilik Gilingan

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)

 

Alasannews.com, Tolitoli-Sulteng | Cuaca tak bersahabat. Hujan sepanjang hari beberapa pekan terakhir menjadi persoalan tersendiri bagi petani dalam penjemuran gabahnya.

Sulitnya mengeringkan gabah yang baru saja dipanen berpeluang timbulkan kerugian lebih besar bagi petani di Tolitoli, khususnya di Kecamatan Galang.

Hal itu diungkap Arifuddin, salah seorang petani sekaligus pemilik gilingan padi di DesaTinigi Kecamatan Galang, Selasa ( 11/6 /19 ).

"Sejak Bulan Puasa lalu petani di sini kerepotan mengeringkan padinya. Hujan setiap hari. Banyak padi menumpuk di penjemuran. Tidak bisa digiling karena belum kering," tutur Arifuddin.

Kepada media alasannews.com,  Arifuddin mengatakan kalau hujan masih berlanjut beberapa hari kedepan, maka dipastikan kerugian besar akan menimpa pemilik gabah.

Dengan kondisi ini, Arifuddin lalu mewacanakan kedepan sudah perlu dipikirkan adanya pengering gabah dengan sistem oven.

"Pemerintah dalam hal ini sudah perlu menghadirkan pengering gabah dengan sistem oven," ungkapnya.

Pengering gabah dengan sistem oven dimaksud Arifuddin adalah pengeringan padi dengan menggunakan hawa panas dari hasil pembakaran yang dihembuskan dengan menggunakan kipas atau blower.

Dengan sistem ini memungkinkan petani mengeringkan gabahnya tanpa harus mengandalkan sinar matahari.

Menggunakan desain ruangan yang dirancang khusus menurut Arifuddin, memungkinkan padi bisa digiling tanpa harus menunggu panas matahari.

Untuk mewujudkan hal itu, pemilik gilingan di Pakuan, Tinggi ini berharap dukungan dari pemerintah daerah.

"Kami berharap pemerintah daerah membantu wujudkan sistem penjemuran oven itu," harap Arifuddin...... (Redaksi)

Baca 82 kali

Berikan komentar

TULIS PESAN

Empek Empek
Valentio112
Sekprov
MOH SALEH

Sulteng Terkini

Kontak Polisi

RESOR PALU