Kamis, Desember 05, 2019
hut daerah
Senin, 15 Juli 2019 07:26

Ke Lapangan, Kadis Rustan Rewa Pastikan IP 300 Bisa

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)

Alasannews.com, TOLITOLI-SULTENG | Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Tolitoli Sulawesi Tengah Rustan Rewa bergerak cepat, begitu mendapat laporan ribuan hektar sawah di Kecamatan Dampal Selatan, meragukan debit air pada musim tanam ini.

Dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Senin (15/7)  Rustan mengaku dengan ditemàni Kepala BPP Lempe, Ir Moh Saleh, pagi ini bergegas menuju lokasi untuk melihat kondisi saluran tersier di sana.

"Ya, pagi  ini saya dengan beberapa staf segera ke lapangan. Memastikan, apakah saluran itu tidak mampu memenuhi debit air bagi ribuan hektar sawah yang siap tanam di sana," tandas Rustan.

"Kalau belum bisa ditangani dengan peralatan, kami akan sarankan petani bergotong royong memperbaiki saluran bagian mana yang jadi kendala, " ujar Rustan lagi.

Menurut data Dinas Tanaman Pangan, ada 9 desa di Kecamatan Dampal Selatan memiliki areal sawah produktif 2.543 hektar dan khusus di desa Bangkir yang mrlaporkan masalah saluran ini seluas 418 hektar, katanya.

Ketika ditanya kondisi yang ada, Rustan mengaku optimis bisa menaikkan IP 300. "Beralasan, IP 300 bisa kita dorong," tandas Rustan sambil menambahkan kalau ketersediaan air secara tehnis cukup. 

Baca 149 kali

Berikan komentar

TULIS PESAN

Sulteng Terkini

Kontak Polisi

RESOR PALU