Senin, Jun 17, 2019
radio
Kamis, 30 Mei 2019 04:51

Peternak Ayam Pedaging dan Petelur di Tolitoli Dirikan Asosiasi Peternak Unggas Rakyat

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(4 pemilihan)

Arifuddin, Ketua Asosiasi Peternak Unggas Rakyat Tolitoli

Alasannews.com, Tolitoli-Sulteng | Sejumlah peternak ayam potong dan ayam petelur di Tolitoli mengadakan pertemuan pada Senin (27/5/2019)

Pertemuan di Jl. Panjaitan tersebut, menghasilkan kesepakatan membentuk wadah perkumpilan peternak unggas, yakni  Asosiasi Peternak Unggas Rakyat Tolitoli disingkat AsPUR Tolitoli.

Ketua terpilih, Arifudin, kepada Alasannews.com menjelaskan tujuan utama memdirikan wadah peternak tersebut untuk mempererat silaturahmi dan kerja sama antara peternak di Tolitoli.

Selama ini menurut Arifuddin perernak jalan sendiri-sendiri tanpa koordinasi yang menyebabkan banyak masalah peternak yang tidak menemukan solusi lalu gulung tikar.

"Kami perlu wadah sebagai tempat berkomunikasi dengan sesama peternak rakyat yang kecil. Banyak masalah yang kami hadapi namun tidak ada penyelesaian. Terutama menyangkut bibit dan pakan," jelas peternak ayam petelur dari Tinigi tersebut.

Ditambahkan Arifuddin, dirinya agak heran membaca berita beberapa waktu terakhir ini bahwa pasokan ayam pedaging sepenuhnya dipasok dari luar daerah. Demikian juga telur, masih banyak yang dipasok dari palu.

"Masa ayam potong semua dipasok dari Palu, Mamuju, Banggai bahkan Masamba? Telur juga masih mencari ke Palu. Apakah kita tidak bisa beternak sendiri untuk memenuhi kebutuhan kita disini," ujar Arifuddin mempertanyakan.

Arifudin yang didaulat jadi Ketua AsPUR Tolitoli itu bertekad memajukan peternak Tolitoli untuk memenuhi kebutuhan di daerh ini.

Untuk itu pihaknya berharap agar semua pihak, utamanya dinas yang menangani peternakan bisa lebih peduli dan berpihak kepada peternak yang ada didaerh ini.

"Saya dengar ada pergantian Kadis. Kita harap Kadia baru ini lebih perhatian dan berpihak kepada peternak kecil seperti kami. Ini bisa memberdayakan rakyat kecil," imbuhnya.

Ditanya tentang legalitas lembaganya, Arifuddin mengatakan sementara dilengkapi strukturnya dan badan hukumnya. Menurutnya dalam waktu dekat akan diadakan deklarasi...... (Mrf).

Baca 106 kali
Bupati dan Wakil Ramdhan

Kontak Polisi

RESOR PALU