Kamis, Desember 05, 2019
hut daerah
Minggu, 31 Desember 2017 16:15

Mencekik, Harga Elpiji 3 Kg di Tolitoli

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)
Tolitoli, Alasannews--Pemerintah diminta turun tangan dan lebih pro rakyat. Sejumlah kebutuhan hidup harganya melambung bahkan dapat dikatakan mencekik leher rakyat kecil. 
Hasil pemantauan wartwan Alasannews di lapangan, fluktuasi harga elpiji ukuran 3 Kg berada antara Rp Rp 24.000 kg s/d Rp 30.000 kg. Harga jauh berada di atas ambang yang ditetapkan pemerintah untuk zona Tolitoli Rp 21.400 lebih untuk ketentuan harga eceran tertinggi (HET).
Harga yang diterapkan para pedagang pengecer elpiji di masyarakat Tolitoli, Sulawesi Tengah terbilang sangat tinggi jika dibandingkan dengan di kota Palu Rp 16.000 lebih sedikit saja. Selisih antara HET Palu sebesar Rp 16.000 dengandi Tolitoli Rp 21.400 sekian, secara otomatis sudah sangat realistis selisihnya.
Akan tetapi, jika pengecer di Tolitoli menaiknya menjadi Rp 24.000 sampai Rp 30.000 / 3 kgnya maka dapat disimpulkan ini bukan lagi harga subsidi yang dinikmati rakyat kecil khususnya. Perebedaan sekitar Rp 14.000/ 3 kgnya antara Palu dan Tolitoli bisa dibilang keterlaluan permainan harga barang yang disubdisi itu.
Sejumlah sumber yang berhasil ditemui Alasannews, hari ini menyebutkan kalau harga ini ssngaja dibiarkan karena ada dugaan selisih dibagi-bagi oleh pihak tertentu yang terkait dengan penetapan harga tersebut.
Sebabnkalau ekspedisi yang dijadikan patokan untuk menaikkan harga elpiji makanjuga tidak sesuai dengan patokan harga ekspedisi yang ada. Seyogyanya, harga perkilo dengan jarak Tolitoli  - Palu itu hanya Rp 500, tetapi fakta yang dikaitkan dengan elpiji maka ekspedisi dinaikkan menjadi Rp 1000 per kilogramnya.
Patut diduga, antara distributor gas elpiji di Tolitoli denhan bagian ekonomi di sekretariat Pemda Tolitoli telah terjadi hal yang tidak pantas. Ada kemungkinan, bagian ekonomi tutup mata dengan situasi ini karena menerima sesuatu.
 
Rep: suardi
 
Baca 484 kali
Ruslan S Untuh
Mapri
Alimran
Kadis Perkebunan
Ruslan Hadi
Minarni
abd rhman
Amrin Haling
Kadri
Jusman

Kontak Polisi

RESOR PALU