Kamis, November 21, 2019
Iklan Haji
Sabtu, 19 Oktober 2019 08:50

Pemda DKI Kaji Aturan Penggunaan Sekuter Listrik

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)

ANcom-Jakarta |  Skuter listrik di Jakarta makin ngetren. Tidak hanya anak-anak, orang tupun tampak menggunakan alat ini. Tidak sekadar santai, tapi untuk keperluqn khusus yang jaraknya relatif dekat, bisa pakai alat ini saja.

Bagaimana dengan aturannya? Dishub DKI Jakarta mengaku sedang melakukan kajian aturan mengenai operasional skuter listrik.

"Jadi sedang kita kaji bersama-sama, kemudian mereka akan gunakan lajur mana itu juga akan masuk ke dalam kajian yang sedang kita siapkan," ucap Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (17/10).


Syafrin menyebut pengguna dan operator skuter listrik tidak perlu menunggu lama. Syafrin akan menuntaskan aturan tersebut pada tahun ini.

Menurut Syafrin, banyak hal akan diatur dalam peraturan tentang skuter listrik. Teknis operasional skuter hingga usia penggunanya tengah dikaji.

"Kan dari aspek teknis kemudian operasionalnya termasuk di dalamnya kecepatan, dan penggunaan lajurnya. Termasuk dalamnya usia, jadi jangan sampai usia pengguna itu ada anak kecil yang nggak mengerti rambu-rambu apa dia menggunakan itu, sementara dia ada kecepatan tertentu kan ya yang harus dia lalu," ujar Syafrin.


Selain soal skuter listrik, Pemprov DKI juga mengkaji sistem sepeda sewa atau sharing bike. Sehingga menjadi pilihan warga Jakarta menuju lokasi tujuan.

"Untuk sharing bike, kita arahkan memang ke pusat-pusat kegiatan. Tujuannya adalah dia menjadi last mile di tujuan akhir si pelaku perjalanan," kata Syafrin.

"Contohnya mereka akan membuat misalnya di kawasan Jalan Sudirman- Thamrin. Tapi, ini pun masih dalam pembahasan bersama. Kemudian, setelah ini kita akan (buat) regulasinya di tahap awal," sambungnya. Tatif alat buatan China ini sejam Rp 5000 dengan beban bisa untuk 200 Kg, atau bisa digunakan untuk dua orang sejaligus.puan

Baca 60 kali
Valentio112
Bupati dan Wakil Ramdhan
Rustam Rewa1
dr adjimain
Fadjar S

Kontak Polisi

RESOR PALU