Senin, November 18, 2019
Iklan Haji
Selasa, 29 Oktober 2019 09:51

Kadis TPH Tolitoli, Sampaikan Persoalan Penyuluh ke BPPSDM

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)

ANcom--BOGOR |Ratio penyuluh dan luas lahan serta jumlah petani, menjadi topik bahasan Kadis Tanaman pangan dan Holtikultura Tolitoli, ketika bertemua kepala BPPSDM Kementerian Pertanian, Prof Dr Ir Dedy Nursyamsi di sela sela  acara orasi pengukuhan Profesor Riset, di Bogor.

Dalam keterangan tertulis yang dikirimkan ke alasannews.com, Selasa (29/10) Kadis Rustan Rewa menyebutkan, ratio atau jumlah penyuluh lapangan (ppl) seperti di Tolitoli yang hanya seratusan orang, sangat beray untuk bisa mengjangkau dengan maksimal seleuruh wilayah yang begitu luas di Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah,

Luas lahan pertanian kabupaten Tolitoli yang membentang dari Selatan ke Utara yang jaraknya lebih 200 KM, membutuhkan tantangan dari para penyuluh kita dan semoga saja Kementan di bawa komando Menteri baru bisa lebih maksimal menyiapkan Tolitoli sebagai salah satu daerah penyangga pangan nasional terutama ibu kota setelah pinda ke Kaltim.

Rustan menghadiri acar pengukuhan tiga profesor itu di Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu, Bogor menyempatkan diri untuk bisa bertukar informasi yang para pejabat terkait di kementerian.

"Saya sampaikan, bagaimana petan PPL ini bisa lebuh maksimal agar pertanian kita lebih maju," tandas Rustan lagi.

Menurutnya, jumlah PPL di Tolitoli untuk PPL Kabupaten 68 orang, THL TBPP 12 dan PPL Hinor 32 orang sangat jauh dari jumlah ya g harus dibutuhkan, katanya.

Sebelumnya, rustan Rewa bertemu Menteri Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Kementerian pertanian di Jakarta. Kementerian kata Rustan, tetap konsisten menyiapkan Tolitoli sebagai salah satu penyanggah pangan naaional ke depan.puan

Baca 62 kali
Valentio112
Bupati dan Wakil Ramdhan
Rustam Rewa1
dr adjimain
Fadjar S

Kontak Polisi

RESOR PALU