Jumat, Mei 24, 2019
alasanpuasa
radio
Selasa, 07 Mei 2019 19:05

Di Kuwait, Makan di Tempat Umum Selama Ramadhan Bisa di Penjara

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)


Alasannews.com - Kuwait |  Tidak bisa asal makan selama bulan puasa. Bagi orang-orang yang makan di tempat umum selama bulan ramadhan, dapat dijatuhkan hukuman penjara, ini berlaku di negeri  Kuwait.

Negara Kuwait yamg berlandas hukum Islam iti, merupakan negara yang berada di pesisir Teluk Persia, Timur Tengah, punya peraturan yang ketat tentang makan selama bulan puasa. Bahkan jika melanggar peraturan ini, bisa dijatuhkan hukuman penjara oleh pihak kepolisian setempat.

Dikabarkan Gulf News (06/05), menurut hukum yang berlaku di negara Kuwait, menyantap makanan di tempat umum saat waktu puasa sedang berlangsung, merupakan pelanggaran hukum. Di mana orang harus membayar denda sebanyak 100 dinar (Rp 4,701,538).

Tak hanya denda saja, tapi hukuman penjara selama satu bulan juga diterapkan. Hal ini dijelaskan oleh Humas dari Kementerian Dalam Negeri, Tahweed Al Kandari. Hukuman ini berlaku untuk semua penduduk beragama Muslim atau non-Muslim.

"Warga dan para ekspatriat harus memperhatikan nilai dan tradisi yang ada di sini, termasuk menghormati orang-orang yang tengah menjalankan ibadah puasa," tutur Tahweed.

Kuwait sendiri dikenal sebagai negara penghasil minyak, yang memiliki banyak pekerja dari luar negeri. Selain itu Tahweed juga akan menindak tegas kepada pengemis yang beraksi di wilayah pemukiman, pasar, serta di luar masjid.

Mengingat banyaknya pengemis yang datang ketika bulan ramadhan, sehingga bisa mengganggu kenyamanan para warga saat menjalankan ibadah puasa.

"Patroli keamanan yang bergerak dan tidak bergerak akan dikerahkan di berbagai daerah, untuk menghindari hal-hal yang tidak menghormati warga Muslim yang tengah berpuasa. Atau yang tidak menghargai nila-nilai selama bulan suci ini," pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, negara Kuwait memiliki penduduk yang mayoritas memeluk agama Islam. Kuwait juga disebut sebagai salah satu negara Muslim terkaya di dunia. Sehingga bulan ramadhan, disambut dengan sangat meriah di sana.(detik/sob/odi/sy)

Baca 43 kali

Kontak Polisi

RESOR PALU