Selasa, Juli 16, 2019
Minggu, 07 Juli 2019 17:56

Beredar Hasil Poling, Esar Memiliki Kans Calon Bupati, DR. Rahman Alatas Tertinggi, Begini Ulasannya

  • Cetak
  • Email
Nilai butir ini
(1 Pilih)

.

Alasannews.com, Tolitoli-Sulteng | Beredar poling menggunakan aplikasi di media sosial. Poling itu bermaksud menjaring pendapat warga net terkait calon Bupati 2020 mendatang.

Tak ada keterangan secara resmi dan metodologis siapa atau lembaga yqng melakukan dan menerbitkan aplikasi poling tersebut. Hari ini, Minggu (7/7/2019) keluar daftar hasail poling tersebut.

Secara metodologis, belum dapat dijadikan patokan resmi oleh karena belum ada penjelasan dari pihak pembuatnya.

Namun demikian, lepas dari segala kekurangannya, hasil poling itu memberikan sedikit jawaban atas rasa penasaran publik Tolitoli terkait sosok calon bupati pasca pileg baru lalu.

Secara mengejutkan, hasil poling itu menempatkan DR. Rahman Alatas, SE., dengan posisi tertinggi perolehan dukungan sebagai Calon Bupati, sebesar 24,1%.

Rahman Alatas adalah tokoh birokrasi yang menggawangi Badan Inspektorat Tolitoli. Jauh dari hingar bingar politik, dan sehari-hari sebagai Dosen Ekonomi di STIE Mujahidin Tolitoli, diapresiasi dengan dukungan tertinggi oleh warga net Tolitoli.

Sayangnya redaksi alasannews.com belum dapat menghubungi Dr. Rahman Alatas untuk meminta tanggapannya akan hal ini.

Menyusul Rahman Alatas dengan hasil poling 24,1%, di posisi kedua dengan 16,2% ditempati mantan wakil Bupati Tolitoli yang sehari-hari adalah ketua Partai Bulan Bintang, Amran Hi. Yahya.

Berdasarkan poling ini, menempatkan Amran Hi. Yahya posisi ke dua terpaut 8,1 % dengan Rahman Alatas, padahal espektasi pendukungnya adalah yang terkuat, mengingat posisinya adalah runner up pilkada 2015 lalu.

Saat ini Amran Hi. Yahya mampu meraih 4 Kursi DPDR Tolitoli. Perolehan itu relqh menunnjukkan secara ril kekuatan politiknya melalui kontestasi pileg 2019.

Di posisi ketiga hasil poling, ada nama M. Nurmansyah Bantilan dengan perolehan 15,4%.

Membaca peta dukungan itu, membuka peluang Ketua Partai Demokrat dengan 3 Kursi DPRD Tolitoli yang juga putra mantan Bupati Tolitoli H. Moh. Ma'ruf Bantilan ini untuk digadang sebagai Calon Bupati mendatang.

Diurutan keempat, nama H. Rahman Hi. Budding dengan dukungan poling 8,3%.

H. Rahman Hi. Budding saat ini adalah Wakil Bupati Tolitoli. Jauh sebelumnya juga sudah memberi isyarat untuk maju Calon Bupati.

Ketua PPP Sulteng itu, berhasil meloloskan putranya yang ketua PPP Tolitoli sebagai yang paling berpeluang menduduki kursi Ketua DPRD Tolitoli.

Peluangnya maju Calon Bupati dengan dukungan PPP terbuka lebar apalagi posisinya akan menjadi incumbent.

H. Rahman Hi. Budding dan Amran Hi. Yahya adalah Dua  tokoh politik yang diperbincangkan sebagai kandidat kuat yang akan berhadapan dalam pilkada 2020 mendatang. Keduanya telah menorehkan warna dan reputasi politiknya di daerah ini.  

Sementara itu, posisi yamg mengejutkan dan diluar dugaan, adalah munculnya nama Moh. Besar Bantilan yang masuk daftar perolehan suara poling urut Lima Teratas.

Esar, yang sejak awal pasca pileg 2019, walau gagal measuk DPRD Tolitoli, namun taknlepas dari perbincangan banyak pihak. Dirinya digadang-gadang pada posisi Wakil Bupati.

Selain karena pembawaannya yang ramah dan penuh penghargaan, Esar juga adala tokoh muda yang bisa dikatakan mewakili trah politik ayahnya yang 2 Periode Bupati Tolitoli.

Santer terdengar Eaar diposisikan bersanding dengan mantan Wakil Bupati, Amran Hi. Yahya yang kini sebagai ketua Partai Bulan Bintang Tolitoli.

Esar Bantilan yang juga Putra Kedua Bupati Tolitoli saat ini, H. Moh. Saleh Bantilan memperoleh apresiasi dukungan warga net sebesar 7,5%.

Berdasarkan data poling itu, apresiasi warga net menggeser posisi Esar Bantilan lebih besar dengan memberi ruang sebagai Calon Bupati dengan dukungan 7,5%.

Posisi Esar yang juga Ketua KNPI Tolitoli sekaligus Ketua Pemuda Pancasila itu melampaui beberapa nama beken politik Tolitoli seperti H. Aziz Bestari dan Hasan Patongai untuk maju sebagai Calon Bupati 2020.

Berikut hasil poling yang beredar melalui akun medsos dan sejumlah grup WhatsApp di Tolitoli: Ayo ikuti polling berikut ini:

Mencari figur Bupati Tolitoli 2020-2025 di Pilbup Tolitoli 2020

- H Rahman Alatas 24.1%

- Amran Hi Yahya 16.2%

- M Nurmansyah Bantilan 15.4%

- H Rahman Hi Buding 8.3%

- M Besar Bantilan 7.5%

- H Azis Bestari 7.1%

- H Muchtar Deluma 5.6%

- Andi Ahmad Syarief 3%

- Hasan Patongai 2.3%

- M Faizal Lahadja 2.3%

- H Iskandar Nasir 1.1%

- Budi Yuluzar Katiandagho 1.1%

- Agus Burhan 1.1%

- Lucky Semen 0.8%

- Yapto Bantilan 0.8%

- Randi Saputra 0.8%

- Faizal Alatas 0.8%

- Jonly Urianto 0.4%

- H Zainal Daud 0.4%

- Faizal Bantilan 0.4%

- Adidjojo Dauda 0.4%

- H Mukaddis Syamsuddin 0.4%

- Hardyan Saad 0%

- Asrul Bantilan 0%

- Suardin Amsal 0%

- Rusdi Rioeh 0%

Total Suara: 266 Berikan suara anda, klik link https://pollingkita.com/23967?ref=wa Tolong forward ke group dan teman-temanmu ya. Terima kasih.

Tentu saja terlepas dari segala kekurangan dan kelemahan dari poling ini, namun setidaknya bisa menjadi sketsa wajah politik Tolitoli saat ini.

Masih sangat terbuka kemungkinan lainnya melalui proses selanjutnya........ (Ma'ruf)

Baca 66 kali
Empek Empek
Valentio112
Sekprov
MOH SALEH
Bupati dan Wakil Ramdhan

Kontak Polisi

RESOR PALU