Selasa, Juli 16, 2019
sulteng welcome
Selasa, 09 Juli 2019 07:08

PH Bupati Poso dan NP Bisa Membuka Ruang Komunikasi

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)

Alasannews.com, PALU-SULTENG | Seteru antara Bupati Poso, Darmin Sigilipu dàn Harian NP, sebetulnya bisa mendudukkan persoalannya pada aturan yang ada terutama  soal UU Pers.

Penasehat Hukum (PH) Bupati Poso, Saprianus Kandolia SH kepada Alasannews.com, Senin (8/7) mengaku walaupun kasus ini sementara dalam penyidikan, bukan berarti tertutup membuka komunikasi dengan pihak NP.

Menurutnya, memang laporan sudah berjalan dan dalam penyidikan. "Kita serah kan kepada penyidik kepolisian akan di arahkan kemana kasusnya," tandas Nyonk sapaan akrab Saprianus.

Dia, tidak menampik mengenai UU Pers yang melekat kepada Insan Pers. "Kami sangat menghargai itu akan tetapi Laporan dari Korban tentunya akan di kaji apakah lewat gelar perkara dengan mendatangkan Ahli dari Dewan Pers tergantung dari penyidik," imbuhnya.

Secara tetpisah, Pemred NP, Irfan D Pontoh mengatakan, pada prinsipnya pihaknya akan membuka diri terhadap komunikasi dari bupati Poso. Namun Irfan menegaskan asalkan dengan syarat tim hukum bupati melakukan  evaluasi kembali langkah hukumnya mempolisikan NP.

Bagi Irfan, juga mempertanyakan kenapa pihak bupati menilai jika pemberiaan NP selama  ini merugikan pihaknya, UU Pers kan menekankanpihak yang merasa dirugikan melakukan Hak Jawab, Hak Koreksi.

"Mari kita tempuh, prosedur UU Pers dan MoU Dewan Pers dan Polri," jelas Irfan.

Baik PH bupati maupun Irfan, tampaknya terbuka ruang komunikasi yang bisa dengan tidak saling mementingkan ego masing-masing. Kasus ini memang bisa menjadi pembelajaran untuk semua.

 

Baca 43 kali Terakhir diubah pada Selasa, 09 Juli 2019 08:07

Berikan komentar

TULIS PESAN

Terkini Olah Raga

Sekprov
MOH SALEH
Bupati dan Wakil Ramdhan

Kontak Polisi

RESOR PALU