Kamis, November 21, 2019
sulteng welcome
Iklan Haji
Jumat, 04 Oktober 2019 17:36

Menyikapi Kasus Rusuh Wamena, AMM Unjuk Rasa di Depan Kantor DPRD Sulteng

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)
Alasannews.com, Palu-Sulteng | Ratusan massa Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Palu melakukan aksi unjuk rasa menyikapi kasus rusuh Wamena, Papua di depan Kantor DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Jum'at Sore (4/10/2019).
 
Mereka melakukan orasi mengecam kerusuhan yang menyebabkan tewasnya lebih dari 30 jiwa. Akibat rusuh itu juga, dilaporkan setidaknya 8.000 orang mengungsi terutama kaum perempuan dan anak-anak.
 
Aksi para aktivis muda Muhammadiyah merupakan aksi damai. Tak ada pengamanan khusus dari aparat keamanan. Personil yang diturunkan terlihat agak santai memantau jalannya aksi. Walau sebagian Jalan Samratulangi ditutup, hanya mengantisipasiagar aksi tak terganggu.
 
Massa yang dikawal juga oleh satuan pengamanan internal berseragam KOKAM itu mempertanyakan komitmen pemerintah yang semestinya bisa melindungi rakyatnya.
 
"Dimana komitmen pemerintah dan wakil-wakil kita di Parlemen? Mengapa mereka tidak berdaya dan membiarkan rakyatnya dibantai," teriak salah seorang orator dari atas mobil komando aksi.
 
"Pemerintah harus serius. Negara tidak boleh kalah melawan teroris perusuh di Wamena," ujar orator lainnya.
 
Rusuh Wamena menjadi sebuah drama yang tidak mengenakkan kehidupan berbangsa. Konflik tiba-tiba terjadi yang memprovokasi warga asli Papua dengan pendatang yang bermukim dan mencari nafkah di bumi cendrawasih tersebut.
 
Atas kejadian itu pemerintah telah mengambil langkah walaupun agak terlambat. Ribuan warga diungsikan ke tempat uang aman dan dijaga ketat aparat keamanan dari kepolisian dan Kodim setempat.
 
Kejadian rusuh Wamena menghentak dan menuai kecaman dari sejumlah daerah di Indonesia. Terutama daerah yang merupakan asal dari warga yang tewas maupun yang mengungsi.
 
Tak lama setelah kejadian itu, selang beberapa hari, Kapolda Papua Irjen Rudolf A. Roja di copot oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian.
 
Jabatan Kapolda Papua itu kini kembali dijabat Irjen Paulus Waterpau.........(Ma'ruf Asli).
Baca 74 kali

Berikan komentar

TULIS PESAN

Berita Terkini

Empek Empek
Valentio112

Terkini Olah Raga

Sekprov
MOH SALEH
Bupati dan Wakil Ramdhan
Rustam Rewa1
dr adjimain
Fadjar S

Kontak Polisi

RESOR PALU