hpn2020
Sabtu, 07 Desember 2019 15:47

Kisah Gundah Seorang Ayah dengan tiga Orang Anak: Anis, Harben dan Amsol

 

Seorang ayah, punya anak tiga. Satu namanya Anis. Dua namanya Harben. Dan tiga namanya Amsol.

Ayah ini entah bagaimana hanya menyanyangi anaknya Anis dan Harben. Sedangkan Amsol, dihiraukan pun tidak. Begitupun, Amsol tidak pernah iri kepada saudara-saudaranya. Dan tidak benci kepada ayahnya.

Hingga suatu sore yang santai sehabis liburan, sang Ayah bertanya kepada 3 anaknya. Sebab sang Ayah mulai dilanda perasaan cemas, bila tiba-tiba umurnya tidak lama lagi.

Sedangkan anak-anaknya, sudah mulai dewasa. Terutama Anis dan Harben. Dimulailah pertanyaannya dari Anis. "Nis, kalau ayah mati, seperti apa perasaan dan perlakuanmu pada ayah?" tanya Ayah itu dengan penasaran.

"Saya akan mengantar Ayah sampai ke kuburan." "Kalau kamu, Ben?" "Saya hanya bisa tinggal di rumah saja, Ayah." "Kalau kamu, Sol?" "Ayah, percayalah saya akan setia dan bersama Ayah walaupun nyawa sudah tiada.

Saya kan antar Ayah hingga ke alam barzakh. Bahkan jika nanti malaikat Munkar dan Nakir menginterogasi Ayah, saya yang maju ke depan membela Ayah.

Jika kelak di akhirat Ayah hendak dilempar ke neraka, saya yang akan bertahan di depan menolong Ayah jikapun masih bisa. Tetapi jika karena pertolonganku Ayah masuk surga, saya tak ikut masuk surga, tidak apa-apa.

"Sang Ayah tertegun dan terisak-isak. Kenapa anaknya Amsol yang selama ini disepelekan dan tidak diperhatikannya, justru malah yang paling membelanya. Sementara Anis dan Harben, yang setiap hari dan pikirannya dihabiskan untuk mereka, justru hanya berkata, mengantarnya sampai di kuburan saja. Malahan Harben tidak mau mengantarnya ke kuburan. Hanya tinggal di rumah saja.

Tahukah pembaca siapa gerangan Anis dan Harben itu? Itulah Anak Istri. Harben, itulah Harta Benda. Semetara Amsol, itulah Amal Soleh. ~ SED

Baca 161 kali

Artikel Terpopuler

Kontak Polisi

RESOR PALU