hpn2020
Senin, 16 Desember 2019 01:05

5 Makanan untuk Kesehatan Ginja Baik Dikmnsumsi Rutin

Jakarta | Semua makanan alami menyehatkan tubuh. Tetapi ada makanan untuk kesehatan ginjal yang baik dikonsumsi tiap hari.

Penyanyi Vidi Aldiano dikabarkan menderita kanker ginjal dan telah menjalani operasi di Singapura.

Ginjal merupakan organ vital tubuh yang perlu juga dijaga kesehatannya. Agar fungsi organ tubuh lainnya berjalan baik. Asupan makanan alami memegang peran penting. Semua makanan alami baik dikonsumsi karena kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Tetapi ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk menunjang kesehatan ginjal. Ini karena kandungan antioksidan dan sejumlah vitamin dan nutrisi lainnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, 5 makanan untuk kesehatan ginjal yang baik dikonsumsi rutin.

1. Apel Buah ini sejak dulu sudah dipromosikan sebagai superfood hingga dianjurkan untuk dikonsumsi sebutir per hari. Buah yang manis renyah ini mengandung pectin, serat larut air yang dapat menurunkan kolesterol dan gula darah. Selain daging buahnya, kulit apel sangat kaya akan antioksidan termasuk quercetin yang bisa melindungi sel otak. Apel juga mengandung vitamin C dan sangat mendukung kerja ginjal. Apel bisa dinikmati segar, dibuat jus tanpa tambahan gula atau dipanggang dengan sedikit taburan kayumanis bubuk dan kucuran air lemon. 5 Makanan Untuk Kesehatan Ginjal yang Baik Dikonsumsi RutinFoto: Istimewa

2. Strawberry dan blueberry Buah berwarna oranye merah ini aromanya harum dengan rasa asam segar yang enak. Meskipun kecil buah ini kata akan banyak manfaat sehat. Strawberry kaya akan serat, vitamin dan nutrisi lain yang bisa melindungi jantung, mencegah kanker dan anti peradangan. Konsumsi segar atau nikmati sebagai campuran salad atau jus atau smoothies. Blueberry merupakan buah yang kaya antioksida, rendah kalori dan kaya serat serta vitamin C. Buah mungil ini punya potensial melindungi tubuh dari kanker, menyehatkan jantung, ginjal serta sel otak. Buah yang manis sedikit asam ini enak dimakan segar, dijadikan campuran smoothies, jus atau campuran salad buah.

3. Ikan kaya asam lemak omega 3 Asam lemak omega3 tidak diproduksi oleh tubuh, karenanya harus diasup dari makanan. Asam lemak ini penting untuk melancarkan aliran darah, mencegah penggumpalan darah dan membangun sel otak. Asam lemak omega 3 juha bisa mengurangi trigliserida, mengontrol tekanan darah. Bisa mencegah pertumbuhan sel kanker, penyakit autoimum dan gangguan ginjal. Tekanan darah tinggi memberi risiko tinggi pada gangguan ginjal Ikan salmon dan ikan dari laut dalam seperti makarel, tuna dan sarden kaya akan asam lemak omega3. Baik dikonsumsi dengan cara dipanggang, dikukus atau diolah menjadi sup atau hidangan berkuah lainnya. 5 Makanan Untuk Kesehatan Ginjal yang Baik Dikonsumsi RutinFoto: iStock

4. Bayam Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang kaya akan kandungan vitamin A, C, K dan folat. Bata karoten yang ada pada bayam juga sangat baik untuk memperkuat daya tahan tubuh dan kesehatan mata. Sayuran lain yang baik dikonsumsi adalah kale. Sayuran berwarna hijau gelap ini kaya antioksidan yang menyehatkan ginjal. Tetapi perlu berhari-hati dengan kandungan potassium yang kurang cocok untuk mereka yang sudah menjalani cuci darah. Bayam bisa diolah dengan cara ditumis, dibuat jus dengan campuran buah lainnya. Atau dibuat sup dan isian pie atau dibuat saus. Sebaiknya olah dan konsumsi untuk sekali santap saja.

5 Makanan Untuk Kesehatan Ginjal yang Baik Dikonsumsi RutinFoto: Getty Images 5. Ubi manis Ubi yang manis dengan tekstur lembut ini kaya akan beta karoten dan sumber vitamin A yang baik. Ubi manis juga kaya akan vitamin B 6 dan potassium. Kandungan serat ubi manis lebih lama terurai sehingga dapat mengontrol tingkat insulin. Sementara kandungan potassiumnya mampu menyeimbangkan kadar sodium dalam tubuh yang memperingan kerja ginjal. Karena mengandung potassium maka kurang cocok dikonsumsi oleh mereka yang sudah menjalani cuci darah. Ubi manis paling baik dikonsumsi dengan cara dikukus atau dipanggang, dibakar. enak dijadikan sup, campuran salad dan bubur.

Baca 116 kali

Artikel Terpopuler

Kontak Polisi

RESOR PALU