hpn2020
Minggu, 08 September 2019 06:43

Potret Balre Masigi sebagai Simbol Budaya Tolitoli

Nilai butir ini
(2 pemilihan)

Alasannews.com, Tolitoli | Potret Balre Masigi, simbol kebudayaan dan peradaban suku Tolitoli, menjadi salah satu destynasi utama Yacht Rally. Setelah mengunjungi rumah adat, malam ini mereka akan dijamu Bupati yang juga Raja Tolitoli di Balre Tau Dako Lipu.

Ketika di Balre Masigi, tamu budaya ini mengagumi asritektur bangunan yang terbuat 95 persen dari kayu itu. Berdiri kokoh di sudut kampung Nalu--kel Nalu--Balre Masigi, setiap hari mendapat kunjungan.

"Tidak hanya turis atau orang asing yang singgah. Orang kita juga, banyak yang datang," ujar Tanne seorang petugas di Balre Masigi tersebut.

Tidak banyak bertanya, biasa oramg singga sekadar berfoto--swafoto--lalu pergi, katanya.

Memang, Balre Masigi belum terlihat keseriusan Pemda untuk menjadikannya sebagai suatu Destynasi budaya. Selain, tidak ada guide yang ditempatkan khusus bisa memberi penjelasan akan budaya dan lainnya, Simbol budaya ini juga tampak tidak dilengkapi sebagai mana tempat atau simbol-simbol budaya itu.

Dari tahun ke tahun, keadaannya begitu-begitu saja. Tempat ini baru agak ramai ketika ada hajatan atau kunjungan.

Itulah sebabnya, lembaga ada matanggauk, berencana menjadi membuat sekretariat adat disini untuk dijadwalkan diskusi-diskusi  bagaimana melestarikan adat dan kebudayaan itu.semoga.(puan)

Baca 145 kali

Kontak Polisi

RESOR PALU