Senin, Januari 20, 2020
Jumat, 29 November 2019 15:51

Diduga Kadar Belerang Tinggi, Ikan Mati Massal di Danau Toga Desa Betengon

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)
Alasannews.com, Dondo, Tolitoli-Sulteng | Ikan mati massal di Danau Toga, Desa Betengon diduga kuat karena meningkatnya kadar belerang dan meningkatnya suhu air danau.
 
Kades Betengon, Naharudin saat dihubungi Jum'at malam (28/11/2019), menjelaskan terkait dugaan tersebut. Didukung bukti lapangan, ahwa di lokasi itu bau pekat menyengat dan berbau lumpur. Selain itu, suhu air dalam danau juga meningkat hingga mencapai 40°c.
 
Akibat kejadian itu, Kades Naharuddin mengatakan telah berdampak pada hilangnya mata pencaharian warga setempat.
 
"Ada Satu Dusun menggantungkan mata pencahariannya disitu menangkap ikan," kata Kades Betengon saat dikonfirmasi.
 
Kejadian tersebut sejauh ini baru terjadi. Warga sekitar Danau menangkap berbagai jenis ikan. Antara lain, ikan Nila, Mujair, Gabus, Lele dan Sugili. 
 
Warga menangkap ikan secara tradisional menggunakan pukat, pancing dan Bubu. Mereka menjual hasil tangkapan itu kepada warga sekitar dan Desa tetangga.
 
Kades Betengon mengaku sangat prihatin atas hilangnya mata pencaharian warganya tersebut.
 
Lebih lanjut Menurut Kades, hingga saat ini bau menyengat baik dari belerang mau pun bau bangkai ikan sangat mengganggu hingga ke Desa sebelah.
 
Sementara itu, sejalan dengan keterangan Kades Betengon, Syamsiar, SPi, salah seorangKepala seksi yang membidangi perikanan darat, mengatakan jika faktor utama ikan mati massal di Danau Toga karena kekurngan oksigen akibat meningkatnya suhu air jauh diatas normal untuk hewan yang hidup di air danau itu.
 
"Dari hasil uji organoleptik, dengan cara membedah organ dalam ikan, dan juga pengujian PH, DO dan Suhu, dapat disimpulkan karena faktor kekurangan oksigen karena suhu air sangat tinggi. Tidak ditemukan faktor keracunan," tandas Syamsiar yang sempat turun langsung kelokasi pada Sabtu (23/11) ke lokasi Danau Toga......(HAR/Mrf).
Baca 149 kali

Berikan komentar

TULIS PESAN

Sulteng Terkini

Kontak Polisi

RESOR PALU