Minggu, Januari 19, 2020
Pendidikan
Pendidikan

Pendidikan (35)

Minggu, 19 Januari 2020 01:35

Tabligh Akbar

Ditulis oleh
Rabu, 08 Januari 2020 20:31

Do'a Hendak Keluar Rumah

Ditulis oleh

Bagi muslim hendaklah selalu berpegang pada Al Quran dan sunnah Rasulullah. Diantara perintahnya adalah selalu berdoa. Inilah doa hendak rumah.

Kami keluar (darinya) dan kepada Tuhan kami, kami bertawakkal”.

Doa Keluar Rumah

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

“Bismillahi, tawakkaltu ’alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah”

Artinya:

"Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.” Ustadz Abdul Somad mengatakan, tidak ada doa yang tidak dikabulkan Allah.

Selasa, 07 Januari 2020 23:06

Hukum Shalat Jumat Bagi Laki Laki dan Dalilnya

Ditulis oleh

Alasannews -- Hukum shalat jumat bagi laki – laki ialah wajib karena shalat jumat seperti halnya shalat lima waktu. Pernyataan ini didasarkan dari sebual dalil yang bisa kita lihat di Al Quran yang sudah disepakati oleh para ulama. Tercantum dalam Al Quran firman Allah Swt surat Al Jumu’ah ayat 9 dengan penjelasan sebagai berikut :

"Hai orang – orang yang beriman, apabila diserukan untuk menunaikan shalat jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli.” (QS. Al-Jumu’ah : 9)

Senin, 30 Desember 2019 04:40

Yayasan Al Rajhi Berikan Beasiswa Bagi Penghapal Al Quran

Ditulis oleh

BOGOR -- alasannews.com | Tujuh penghafal Quran jebolan Yayasan Al Rajhi, berpeluang raih juara memperebutkan hadiah umrah dan uang tunai.

Pembina Yayasan Al Rajhi Indonesia, Al Ustad H Andi Arlin LC MA, mengungkapkan kegembiraan atas perstasi santri yang dibina yayasan dalam tempo enam bulan mampu menghapal 30 Juz Al Quran.

Selain memberikan hadia umroh dan beasiswa pendidikan ke Timur Tengah dalam rangka penyelesauan study strata 1, yayasan juga mendorong mereka untuk terus melakukan hapalan Quran.

Ketujuh penghapal Al Quran itu masing-masing untuk hapalan 30 juz : st muslikhah, riska, k'nata, Iffah, aisyah, dinar, putri .

Untuk hapalan 20 juz + : Fauziyah, balqis, Ulfah, nisrina, haya .

Unruk hapalan 10 juz + : Shafa, khusnul .

Untuk hapalan 5 juz + : Jahwa, windi, k'ayu Dan hapalan 5 juz - : Vey, Dhea, zahra.

BOGOR -- Mengisi liburan, bagi orang yang hidup di tengah kesibukannya saat ini orang tua harus bijak untuk putra putrinya.

Dipantau di Quran Camp (Generasi Cinta Al Quran) yang beralamat di Indy Coffee, Minggu (29/12) 30 anak usia sekolah dasar dan Taman Kanak-kanak tengan menerima materi dari instruktur.

Ketua pelaksana, Arya didampingi Bendahara kegiatan, Yunita Yenie kepada alasannews.com mengatakan, kegiatan ini sangat membantu orang dalam memilihkan kegiatan liburan bagi anak-anaknya.

Meskipun kegiatan ini dibatasi untuk anak laki-laki saja, namun antusia warga Bogor tampaknya begitu tinggi.

Dalam sepekan, agenda ini diumumkan dan pendaftarannya melalui aplikasi, alhamdulillah 30 orang tua mendaftarkan anaknya, terang Arya.

Yunita Yenie menambahkan, kegiatan ini fokus memberikan materi tentang adab dan pemahaman soal rasulullah Muhammad.

Baik Yenie maupun Arya sama-sama menyatakan, materi yang diberikan instruktur sangat menyenangkan anak-anak apalagi dengan pola seperti yang ada.

Dengan Infak Rp 100 ribu per anak, orang tua telah bisa memberikan hal yang sangat bermanfaat bagi anaknya.

"Daripada anak memghabiskan waktunya dengan HP, mending liburan kumpul sama teman untuk ikut Camp Qurani," papar Yenie.

Nonton bareng tentang yang mencerikan kehidupan Rasulullah, futsal (olah raga) akan memberi pemahaman kepada anak soal agama. Peserta Camp Quran selama dua hari (28-29), menjadi trend liburan yang digagas Arya dan rekan.

BOGOR, Alasannews.com | Yayasan Al Rajhi Mubarak Indonesia, kembali mewisuda santri setelah enam bulan melakukan bimbingan. Ketua dewan Pembina Al Ustads H Andi Arlin Lc MA, ketika memberikan Tuasiah pada acara wisuda akbar ke II, di Bogor Sabtu (28/12) mengajak mari segala sesuatu yang kita niatkan bersandar pada Al Quran.

Dia menyebut belajar Al Quran adalah sebuah kewajiban yang tidak bisa ditawar, dengan menghafal al Quran seseorang akan terjaga baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Daurah menghapal Al Qur'an yang diselenggarakan Al Rajhi Asia Group selama enam bulan berakhir yang Penutupan dilakukan Dewan Pembina Ustads Andi Arlin Lc MA, di Bogor Selasa (24/12).

Pendidikan Daurah Hapalan Al Qur'an, di ikuti santri dari berbagai daerah di Indonesia termasuk dari Tolitoli. Selama dalam pendidikan Tahfidz Enterpreneur Al Rajhi Group, santri mendapa materi dari para ahli. Al Ustads Abu Zakaria Risky Ariesta dari Pesantresn mahad Manaru Ilmiah, Klaten memberikan pengertian betapa bergunanya ilmu apalagi ilmu soal menghapal a Al Qur'an.

Menurutnya, Ilmu yang berkaitan dengan Al Quran, subahanallah amat sangat bermanfaat baik. "Barang siapa mempelajari Al Quran..kemudian mengajarkannya kepada yang maka baginya dibangunankan surga di kemudian hari.

Buah dari ilmu itu adalah amal berujung pada ridha yang bisa diraih dengan amal saleh, mempelajari Al Quran..disertai niat dan kesungguhan hati. Apa di dapat saat ini ( enam bulan) baru sebagai pintu menuju jenjang selanjutnya jelas Andi Arli Lc MA.

Selaku pembina, mewakili seluruh panitia, Andi Arli juga menyampaikan harapan sekaligus peŕmohonan maaf jika dalam pelaksanaan kegiatan ini ada hilaf dan salah. Kepada Juara 1-3 dalam daurah hapalan Al Qur'an ini panitia memberikan hadia berupa umroh ke tanah suci. Selain Umroh, kepada pada juara hapalan juga akan di wisuda dan mendapat bonus berupa uang saku Rp Rp 30 jt.

 

Puan

Selasa, 24 Desember 2019 05:36

Daurah Hapal Al Qur'an Dihadiahi Ibadah Umroh

Ditulis oleh

BOGOR, Alasannews.com | Daurah menghapal Al Qur'an yang diselenggarakan Al Rajhi Asia Group selama enam bulan berakhir.

Penutupan dilakukan Dewan Pembina Ustads Andi Arlin Lc MA, di Bogor Selasa (24/12).

Pendidikan Daurah Hapalan Al Qur'an, di ikuti santri dari berbagai daerah di Indonesia termasuk dari Tolitoli.

Selama dalam pendidikan  Tahfidz Enterpreneur Al Rajhi Group, santri mendapa materi dari para ahli. Al Ustads Abu Zakaria Risky  Ariesta dari Pesantresn mahad Manaru Ilmiah, Klaten memberikan pengertian betapa bergunanya ilmu apalagi ilmu soal menghapal a Al Qur'an.

Menurutnya, Ilmu yang berkaitan dengan Al Quran, subahanallah amat sangat bermanfaat baik.

"Barang siapa mempelajari Al Quran..kemudian mengajarkannya kepada yang maka baginya dibangunankan surga di kemudian hari. Buah dari ilmu itu adalah amal berujung pada ridha yang bisa diraih dengan amal saleh, mempelajari Al Quran..disertai niat dan kesungguhan hati.

 

Sementara Pembina Ustads Andi Arlin Lc MA mengatakan,  Ilmu ini sebagai pintu.  Apa di dapat saat ini ( enam bulan) baru sebagai pintu menuju jenjang selanjutnya jelas Andi Arlin Lc MA.

Selaku pembina, mewakili seluruh panitia, Andi Arlin juga menyampaikan harapan sekaligus peŕmohonan maaf jika dalam pelaksanaan kegiatan ini ada hilaf dan salah. Kepada Juara 1-3 dalam daurah hapalan Al Qur'an ini panitia memberikan hadia berupa umroh ke tanah suci. 

Selain Umroh, kepada pada juara hapalan juga akan di wisuda dan mendapat bonus berupa uang saku Rp Rp 30 jt

ANcom--Tolitoli | Bagian satuan narkoba Polres Tolitoli sambangi SMA  Cokroaminoto Tolitoli dalam rangka Forum Discution Group ( FDG), Kamis (24/10).

FDG semacam ini, diakui bisa memberi edukasi kepada peserta didik dalam memahami bahaya narkoba yang setiap saat mengintif kehidupan mereka.

Polri dakam hal mengedukasi pelajar agar terhindar dari bahaya narkoba, mencanangkan FDG bisa menjangkau semua sekolah bahkan kelompok masyarakat luas lainnya.

Salah seorang siswa SMA Cokroaminoto Tolitoli, Ery Anuari kepada media mengatakan, kedatangan bapak bapak polisi itu mengedukasi kami pelajar akan bahaya narkoba.

Siswa kekas XI itu mengaku kini lebih paham bahaya barang tersebut. "Tau juga dikit dikit. Setelah dijelasin oleh pa polisi, kami lebih paham lagi," ujar Ery.

Bukan hanya bahaya narkoba, polisi juga mengedukasi kami soal rokok dan obat obatan sejenis yang bisa merusaka syaraf, imbuh Ery.

Polisi melakukan ini, telah mencium bahwa para penjahat narkoba mulai melirik anak anak pelajar

Diingatkan, agar orang dan dewan juga teruz memantau perkembangan anaknya kapan dan dimana saja.

Narkoba, sudah merangsek kesegala penjuru termasuk mengintai generasi muda yang masih pelajar baik SLTP maupun SMA.

Terbukti menurut data, banyak korban narkob yang masuk bui ditinjau dari usia tergolong remaja seusia anak sekolah atau pelajar.

puan

Minggu, 20 Oktober 2019 00:59

Datangi Kampung Dongeng, Longki Ajak Siswa Salaman

Ditulis oleh

Foto:Gubernur Tinjau Aktivitas Kampung Dongeng

ANcom--PALU | Aktivitas mendongeng sangat digemari anak-anak karena lebih mudah bagi mereka menyerap pesan-pesan moral dari ceritanya.

Selain itu mendongeng dapat membantu pemulihan trauma dari kesedihan seperti dialami anak-anak penyintas bencana di Donggala.

Upaya pemulihan ini lah yang diapresiasi Gubernur Drs. H. Longki Djanggola, M.Si saat meninjau aktivitas kampung dongeng di salah satu SD di Desa Lende Tovea, Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala, Sabtu pagi (19/10).

Kedatangan gubernur tidak disangka para siswa yang sedang asyik mendengar cerita dari relawan komunitas kampung dongeng.

Memakai boneka sebagai lawan bicara sukses mengocok perut berkat dialog-dialog jenaka dari pendongeng dan si boneka Cilo.

Sepintas teknik ini mengembalikan ingatan ke boneka Susan dan sosok Ria Enes yang diidolai anak-anak tahun 90-an.

Meski tidak sampai selesai mendengar cerita, gubernur menyempatkan foto bersama dan salaman dengan siswa.

"Ayo-ayo salamnya yang tertib," ajak gubernur ke siswa, sebelum beranjak dari sana.bhst

 

Rabu, 16 Oktober 2019 23:45

Tolitoli Pacu Sektor Pendidikan, Tingkatkan SDM

Ditulis oleh

Foto:humas

alasannews.com, Tolitoli | Untuk memperoleh gambaran mengenai program pendidikan yang sudah dan yang akan dilaksanakan di Kabupaten Tolitoli, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tolitoli melaksanakan rapat koordinasi daerah (RAKORDA) yang akan berlangsung selama 3 (tiga) hari di Tolitoli.

Kegiatan Rakorda tersebut, dibuka oleh Bupati Tolitoli yang diwakili oleh Asisten Sekretaris Daerah bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Ir. Muh. Nur Munawar di Aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) pada Rabu pagi (16/10).

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tolitoli Sukirnov Larate, SH selaku Ketua Panitia Rakorda melaporkan bahwa Rakorda ini juga bertujuan melakukan inventarisasi program sekolah dan coordinator wilayah kecamatan, menyebarluaskan program sekolah, sekaligus menjelaskan tugas dan fungsi lembaga pada tingkat kabupaten dan Kecamatan serta sekolah.

Rakorda ini diikuti oleh seluruh koordinator pendidikan wilayah Kecamatan, pengawas pendidikan, Kepala SMP Negeri dan swasta sebanyak dan pengurus PGRI Kabupaten Tolitoli dengan total peserta sebanyak 66 orang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tolitoli Dr. Adjimain Laterey, M.Si mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan rumusan yang nantinya akan dijadikan pedoman dalam aktivitas sehari-hari dan mengharapkan pelaksanaan rapat koordinasi daerah 2019 ini lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

Bupati Tolitoli dalam sambutan tertulisnya  mengatakan, pendidikan merupakan aspek penting dalam meningkatkan kualitas kehidupan manusia, olehnya itu peningkatan kualitas pendidikan merupakan tanggung jawab semua pihak. Melalui pendidikan, sumber daya manusia yang berkualitas dan profesional akan dapat diwujudkan.

Sumber daya manusia yang bermutu kata Bupati merupakan produk dari pendidikan serta merupakan kunci keberhasilan bagi program pembangunan, demikian pula halnya Pemerintah Kabupaten Tolitoli juga memprioritaskan pembangunan pendidikan. Hal itu sebagaimana tertuang dalam misi pemerintah daerah yaitu mewujudkan sumber daya manusia melalui pendidikan berkarakter dan kesehatan berkualitas.

Bupati Tolitoli berharap agar semua pemangku kepentingan di bidang pendidikan di Kabupaten Tolitoli untuk mengimplementasikan berbagai kebijakan bidang pendidikan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Olehnya itu, melalui Rakorda ini Bupati mengharapkan agar berbagai permasalahan yang ada di sektor Pendidikan seperti pembangunan sarana dan prasarana pendidikan, ujian nasional serta mengevaluasi berbagai hasil pembangunan bidang pendidikan untuk dijadikan bahan perencanaan pembangunan kedepannya sehingga menjadi lebih baik.

Reporter : amalia

Editor: puan

 

Halaman 1 dari 3

Kontak Polisi

RESOR PALU