Sabtu, Januari 18, 2020
hut daerah
Minggu, 13 Oktober 2019 07:37

Batas Sulteng-Gotontalo, Diprotes Warga Tolinggula

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)

Alasannews.com,  CNN Indonesia  | Penentuan batas wilayah antara Buol (Sulteng) dengan Tolinggula (Gorontalo) menuai protes warga setempat. 

Puluhan warga Kecamatan Tolinggula, Gorontalo Utara, menutup akses jalan lintas Sulawesi di Kecamatan Tolinggula, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah, Minggu (13/10).

Warga memblokir jalan dengan bambu tepat di Jembatan Otabiu, Desa Tolinggula Ulu dan Tolite Jaya.
Lihat juga: Menengok Rumah Masa Kecil Habibie di Parepare

Mereka menghalau kendaraan baik motor dan mobil, serta pejalan kaki dari Buol ke Gorontalo Utara dan sebaliknya.

Seorang warga setempat, Jakaria Hulimo, mengatakan mereka memblokir jalan sebagai protes soal tapal batas yang tak kunjung selesai.


"Warga tidak ingin persoalan tapal batas berlarut-larut, karena dapat mengancam stabilitas kehidupan di wilayah perbatasan ini," ujar Jakaria, seperti yang dikutip dari Antara.

Pemblokiran tersebut merupakan sikap warga Gorontalo Utara di Kecamatan Tolinggula, yang menolak dimasukkan ke wilayah Buol, Sulawesi Tengah.

"Kami sebagai warga Gorontalo Utara, sudah menjalani kehidupan berpuluh-puluh tahun dengan sangat kondusif, kami adalah warga Gorontalo Utara asli tidak ingin dipaksakan menjadi warga Buol," ujar Jakaria.
Lihat juga: PUPR Siapkan Antisipasi Kekeringan di 12 Provinsi

Dalam pemblokiran jalan tersebut warga menyampaikan sejumlah tuntutan, seperti menolak keras tapal batas wilayah bergeser karena akan mengancam keberadaan desa-desa yang ada di Kecamatan Tolinggula.

Seorang warga lainnya, Acon Abjul, mengungkapkan jika tapal batas bergeser, mereka khawatir dengan ancaman konflik horisontal.

"Pemerintah diharapkan mendengar tuntutan masyarakat dan tidak membuat keputusan yang memberi dampak merugikan bagi masyarakat Tolinggula," ujarnya.

-puan-

Baca 76 kali

Berikan komentar

TULIS PESAN

Ruslan S Untuh
Mapri
Alimran
Kadis Perkebunan
Ruslan Hadi
Minarni
abd rhman
Amrin Haling
Kadri
Jusman
rusdi
Irfan s
Naharudin
sumardin

Kontak Polisi