Selasa, Juli 16, 2019
Selasa, 02 Juli 2019 04:23

Sepintas Perkebunan Sawit di Buol, Sulawesi Tengah (1)

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)

BUOL-SULTENG | Mencermati protes warga terhadapan pelepasan kawasan hutan APL kepada sebuah perusahaan sawit milik Hardaya. Cerita sawit di Buol, Sulawesi Tengah, sudah dimulai tahun 1994 atau 25 tahun silam.

Ketika itu, Gubernur Sulawesi Tengah H Abd Azis Lamadjido SH. Sulawesi Tengah yang terdiri atas empat kabupaten--Donggala, Luwuk Banggai, Poso dan Buol Tolitoli serta Kotip Palu--bagi gubernur digalakkan mengundang investor untuk bangkit mengejar ketertinggalam dengan daerah lain.

Dengan program gerakan terobosan membangun desa (Gerbosbangdesa), Azis Lamadjido memutar akal bagaimana daerah yang begitu luas ini bisa berkembang dengan memafaatkan sumber daya alam yang begitu besar.

Melalui program inilah, saat itu Sulteng kedatangan investor. Setidaknya, kalah itu tiga investor--Perkebunan di Buol Tolitoli, Tambak di Luwuk Banggai dan Perkebunan Teh di Poso--dinilai menjadi satu kekuatan untuk menggerakkan Sulteng.

Mengenai keberadaan kebun sawit di Buol--Kab Buol Tolitoli--betul mendapat perhatian, dengan medan hutan yang tidak bersahabat alhasil, Hardaya berhasil membangun kebun di sana.

Walaui kemudian ada gejolak, tentunya menarik untuk dicermati. Masyarakat Buol tampaknya, menuntut keberadaan kebun ini bisa memberi arti yang signifikan bagi perbaikan kehidupan sosial dan ekonomi.

Jadi, sebuah fakta empiris jika data statistik (belum dikonfirmasi) diungkapkan kalau salah satu kecamatan yang ada di kawasan perkebunan itu justruk sebagai kecamatan termiskin di Sulawesi Tengah.

Apa dan siapa yang salah, kalau kemudian (sekarang) masyarakat Buol mengklaim keberadaan perkebunan sawit belum mampu mengangkat derajat mereka. Suati kesalahan, jika fakta ini benar dan seperti ada benarnya, bahwa kebun sawit tidak bisa me,bantu perbaikan ekonomi masyarakat setempat.

Klaim demi klam kini menghadang kebun sawit salah satu konglomerat nusantara itu.(bag1)

Baca 40 kali Terakhir diubah pada Selasa, 02 Juli 2019 04:58

Berikan komentar

TULIS PESAN

Kontak Polisi