Rabu, Juli 17, 2019
Olah Raga

Masa Pendaftaran Open Tournament Futsal Tolitoli Ditutup, Sejumlah Tim Bakal Diperkuat Pemain Nasional

Alasannews.com, Tolitoli-Sulteng | Pencinta Futsal Tolitoli selenggarakan Open Turnamen yang akan berlangsung 21 Juli sampai dengan 16 Agustus di Gedung Olah Raga Mokondongan Tolitoli.

Turnamen yang memperebutkan Piala Mohammad Besar Bantilan dengan bonus total Rp.75 Juta  itu membuka pendaftaran untuk 32 tim Futsal. 

Tingginya animo pendaftar sehingga kuota pendaftaran turnamen yang bakal diramaikan pemain-pemain bintang nasional itu sudah terpenuhi sebelum waktu penutupan pendaftaran yang ditentukan panitia.

Ketua panitia penyelenggara Waldi Asbuari kepada media alasannews.com di sekretariatnya, Selasa malam (16/7/2019) menuturkan bahwa pihaknya terpaksa memolak beberapa tim yang akan mendaftar karena kuotanya sudah terpenuhi.

"Kita batasi jumlahnya sesuai rencana awal. Karena kalau lebih dari jumlah itu, mempengaruhi lamanya waktu yang kami siapkan sampai 16 Agustus 2019," ujar Waldi.

Masih menurut Waldi, pihaknya saat ini tengah mempersiapkan agenda technical meeting untuk Kamis (18/7) lusa.

Diketahui, open turnamen futsal kali ini adalah kegiatan tahunan ke-3 bersama Bung Esar Bantilan yang memberikan dukungan penuh sekaligus menyediakan piala atas namanya.

Kegiatan tahunan ini menjadi yang dinantikan segenap pencinta futsal yang sangat digandrumgi di Kota Cengkeh Tolitoli .......(Ma'ruf)

Olah Raga Penting Bagi Milenial, Sekda Buka O2SN SMA

Alasannews.com, PALU-SULTENG | Generasi millenial punya kelebihan sendiri-sendiri yang spesifik, ada yang unggul di akademik tapi ada juga yang justru unggul di non akademik misalnya di olahraga.

Hal ini dinyatakan Sekretaris Daerah Provinsi Dr. H. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si saat mewakili gubernur di acara Pembukaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMA Tingkat Provinsi Sulteng Tahun 2019 di Hotel Graha Mulia, Senin malam (15/7).

Ajang diikuti lebih kurang 266 atlet pelajar beserta pendamping dari seluruh kabupaten/kota se Sulteng dengan cabor yang dilombakan antara lain karate, silat, atletik, renang dan bulutangkis.

Adapun waktu pelaksanaan mulai tanggal 15 sampai 18 Juli 2019 atau 4 hari dengan veneu atau lokasi bertanding tiap cabor antara lain, karate dan silat di GOR Madani, atletik di Lapangan Petobo, renang di kolam renang Paradise dan bulutangkis di GOR Cemerlang.

Lanjut sekda, olahraga diyakini bisa menyeimbangkan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual yang dimiliki generasi millenial.

Sehingga Ia mengharap bukan hanya spirit kompetisi yang dibangun di O2SN tapi silaturahmi tetap harus ditonjolkan karena walau di gelanggang mereka adalah lawan tapi di luar mereka harus berkawan.

"Itu yang saya harap dibangun jadi bukan hanya mengirim untuk bertanding semata," titip sekda ke peserta supaya membangun silaturahmi.

"Mungkin nanti ada malam keakraban supaya silaturahmi bisa terjalin antar siswa," tambah Sekda mengusulkan acara tersebut dimasukkan ke O2SN SMA.

Usai membuka, sekda dan tiap kontingen menyempatkan sesi foto bersama yang dimulai dari kontingen Palu.bhst

Sekprov Buka Liga U 19 se Kabupaten Sigi

Alasannews.com, SIGI-SULTENG | Sekretaris Daerah Prov.Sulawesi Tengah membuka Turnamen Sepakbola U19 Liga Desa Nusantara Tingkat Kabupaten Sigi Tahun 2019 mulai tanggal 14 Juli 2019 - 3 Agustus 2019, bertempat di lapangan sepakbola Garuda Mas Desa Kalukubula Kec.Sigi Biromaru Kab.Sigi, Minggu (14/7) 2019. Adapun peserta kegiatan berjumlah 12 Desa.

Kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Prov.Sulawesi Tengah Dr.H.Moh.Hidayat Lamakarate,M.Si mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan sebagai suatu wadah untuk menyalurkan minat dan bakat bagi masyarakat dalam olahraga sepakbola,"lewat moment ini diharapkan kita akan mendapatkan bibit pesepakbola yang berprestasi",tuturnya.

Menurutnya, animo masyarakat tentang sepakbola sangatlah besar karena olahraga ini sangat populer sehingga dibutuhkan perhatian semua pihak untuk mengembalikan kejayaan sepakbola di Sulawesi Tengah,"ke depan, kegiatan olahraga yang memang diminati masyarakat sulawesi tengah kita akan dorong terus untuk pelaksanaan eventnya sehingga semangat untuk berolahraga bisa lebih berkembang",katanya.

Selanjutnya dirinya berharap selama turnamen berlangsung semua tim dapat menjaga kondusifitas dan keamanan bersama dengan menjunjung tinggi sportivitas dan nilai fair play.

Ketua Panitia Anwar H.Samauna menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan sebagai suatu media silaturahmi antara desa satu dengan desa yang lain, serta penyaluran bakat anak-anak khusus usia 19 tahunan sekaligus rekrutmen atlet sepakbola untuk mewakili kabupaten sigi pada kejuaraan liga desa nusantara ditingkat prov.sulawesi tengah.

Nampak hadir Sahli Gubernur Sulteng Bidang Pemerintahan, Bupati Sigi diwakili Kadis Pora Kabupaten Sigi, Camat Sigi Biromaru, Para Kepala Desa, Tripika Kecamatan, KONI Provinsi Sulteng, KONI Kab.Sigi.bhst

Alhamdulillah, Berhasil! Jakarta Tuan Rumah Balap Formule E

Sebuah proses negosiasi dan persuasi yang panjang itu telah menemukan sebuah akhir yang indah.

Alasannews.com, JAKARTA | Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di pertengahan tahun 2020 nanti! Selepas dari World Cities Summit di Medellin, Kolombia, langsung terbang ke New York, Amerika Serikat, untuk menuntaskan negosiasi dengan lembaga pengelola Formula E bahwa Jakarta lebih dari layak menjadi salah satu tuan rumah balap mobil kelas dunia ini.

Formula E adalah turnamen balapan terpopuler kedua sesudah Formula 1. Bedanya dengan Formula 1, Formula E menggunakan mesin bertenaga listrik sehingga bebas emisi, dan diadakan di jalan raya yang diubah jadi sirkuit sementara.

Sejak tiga bulan lalu persiapan pertemuan ini telah dilakukan. Pertemuan dibuat tanggal 13 Juli 2019, bersamaan dengan putaran final Sesi 6 Formula-E. Tim dari Formula E juga sudah datang khusus untuk melakukan uji lapangan di Jakarta pada 8-9 Juli lalu. Karena Jakarta berkompetisi dengan kota-kota besar dunia lainnya, maka semua dikerjakan dengan rapi, teliti, tertib dan tak banyak bicara. Jadwal dan rute perjalanan ditata dengan baik. Semua bahan telah disiapkan.

Puncaknya adalah negosiasi pada Sabtu, 13 Juli kemarin di New York. Bernegosiasi dengan Alexandro Agag dan Alberto Longo, para pemimpin tertinggi yang juga legenda di dunia balap mobil. Pembicaraan jarak jauh lewat telepon dan diskusi antar tim sudah berlangsung lama, tapi kami baru sekarang bisa bertatap muka langsung. Kita langsung akrab seakan sudah kenal lama. Suasana negosiasi berlangsung serius, dengan bahan lengkap sudah disiapkan, namun berlangsung santai, hangat dan bersahabat.

Di ujungnya kita bersepakat, Jakarta lebih dari layak dipilih menjadi tuan rumah. Ini artinya, mata dan kamera seluruh dunia akan datang dan menyorot Jakarta, ribuan penonton dari seluruh dunia akan hadir langsung. Jakarta akan berada di radar prhatian dunia. Tak terkira banyaknya juga adalah penonton dari dalam negeri. Yang tak kalah penting adalah manfaat pergerakan ekonomi pun akan dirasakan. InsyaAllah!

Menurut preliminary study, satu agenda balapan di Jakarta ini akan menggerakkan perekonomian Ibukota hingga lebih dari 78 juta Euro, atau Rp 1,2 triliun. Ini adalah kesempatan bagi kesejahteraan, lapangan usaha dan lapangan kerja bagi warga Jakarta pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. InsyaAllah!

Alhamdulillah, alhamdulillah dan alhamdulillah, atas izin Allah SWT, sebuah perjuangan panjang dari seluruh jajaran DKI dan tim telah membuahkan hasil. Bersyukur rasanya bahwa ada banyak kota besar dunia berusaha, tapi Jakarta lah yang dipilih mendapatkan kesempatan.

Pada dunia kita kirimkan pesan: Jakarta bukan cuma pemain domestik, Jakarta siap menyongsong, siap sejajar dan makin bersinar di antara megapolitan dunia, dan insya Allah akan makin kokoh hadir di orbit global.

Mari Jakarta, kita segera bersiap jadi tuan rumah laga kelas dunia!

*ABW

foto dok detik sport

Alasannews.com, RIO de JENEIRO |  Perhelatan lapangan hijau Piala Copa Amerika usai sudah. Timnas Brasil menjadi juara  2019, setelah di final menang  3-1 atas Peru.

Bertanding di Estadio do Maracana, Rio de Janeiro, Minggu (7/7) waktu setempat atau Senin (8/7) dini hari WIB, Brasil unggul lebih dulu lewat gol Everton di menit ke-15, tulis detiksport.

Peru sempat menyamakan skor lewat penalti Jose Paolo Guerrero di menit ke-44. Namun, Selecao kembali memimpin 2-1 di injury time babak pertama lewat gol Gabriel Jesus.

Di babak kedua, Brasil sempat bermain dengan 10 orang menyusul kartu kuning kedua yang diterima Gabriel Jesus. Namun, Brasil bisa menambah satu gol lagi lewat penalti Richarlison, menyusul dilanggarnya Everton di kotak terlarang.

Kemenangan 3-1 memastikan Brasil menjadi juara Copa America 2019. Peru harus puas menjadi runner up, sementara tempat ketiga diraih Argentina, yang menang 2-1 atas Chile.


Susunan Pemain

Brasil: Alisson, Dani Alves, Marquinhos, Thiago Silva, Alex Sandro, Arthur, Casemiro, Gabriel Jesus, Coutinho (Eder Militao 77'), Everton (Allan 90'), Firmino (Richarlison 75')

Peru: Gallese, Trauco, Abram, Zambrano, Advincula, Yotun (Raul Ruidiaz 78'), Tapia (Christopher Gonzales 82'), Carrillo (Andy Polo 86'), Cueva Flores, Pablo Guerrero.dtk.com

Minggu, 07 Juli 2019 07:05

Copa Amerika, Argentina Puas di Tempat Ketiga

Ditulis oleh

foto dok dtk.com

Alasannews.com, SAO PAULO |  Copa Amerika, semalam atau dini hari tadi, menyudahi babak semi final antara Argentina vs Chile.  Argentina sukses mengalahkan Chile dalam perebutan tempat ketiga Copa America 2019. Gol-gol Albiceleste dilesakkan oleh Sergio Aguero dan Paulo Dybala.

Bertanding di Arena Corinthians, Minggu (7/7) dinihari WIB, Argentina mampu mengungguli Chile saat laga baru berjalan 12 menit. Aguero melesakkan gol usai memanfaatkan umpan Lionel Messi, tulis detik.com.

Chile harus kehilangan Alexis Sanchez di menit ke-17. Pemain Manchester United itu digantikan oleh Junior Fernandes setelah menderita cedera.

Albiceleste memperbesar keunggulan di menit ke-22. Dybala sukses merobek gawang Gabriel Arias setelah menuntaskan umpan Giovani Lo Celso.

Tensi permainan meninggi di menit ke-26. Gary Medel melakukan tekel kepada Messi di tengah lapangan, yang mengundang amarah para pemain Argentina.

Saling dorong antara kedua kubu pun tak bisa dihindari. Pada akhirnya Arturo Vidal mendapat kartu kuning karena sebuah ucapan yang dia lontarkan, sementara Medel lolos dari hukuman.

Ketegangan terjadi lagi di menit ke-37. Messi dan Medel cekcok di kotak penalti Chile. Keduanya saling dorong-dorongan setelah bola keluar lapangan dan tampak ada perang kata-kata.

Wasit Mario Diaz de Vivar langsung melayangkan kartu merah langsung untuk kedua pemain itu. Protes pun sempat terjadi dan wasit mencoba meninjaunya lagi lewat VAR, tetapi keputusan tersebut bulat ditetapkan.

Tak ada gol tambahan hingga turun minum. Argentina memimpin 2-0 atas Chile di babak pertama.

Chile mendapat hadiah penalti di menit ke-59 setelah Lo Celso melanggar Charles Aranguiz. Vidal maju sebagai eksekutor dan berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2.

Chile gagal melesakkan gol tambahan hingga laga tuntas. Dua tembakan Junior Fernandes dan Eduardo Vargas di babak kedua mampu dimentahkan Franco Armani.

Laga pun tuntas dengan skor 2-1 untuk Argentina. Albiceleste berhasil menyudahi perjalanannya di Copa America dengan merebut posisi ketiga.

Susunan Pemain:

Argentina: Franco Armani; Juan Foyth, German Pezzella, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico; Rodrigo de Paul, Leandro Paredes, Giovani Lo Celso; Lionel Messi, Paulo Dybala (Angel Di Maria 67'), Sergio Aguero.

Chile: Gabriel Arias; Paulo Diaz, Gary Medel, Gonzalo Jara (Guillermo Maripan 50'); Mauricio Isla, Charles Aranguiz, Erick Pulgar, Arturo Vidal, Jean Beausejour; Alexis Sanchez (Junior Fernandes 17'), Eduardo Vargas.dtk/pu

Alasannews.com, Mineirao | Final Copa America 2019, tim Samba Brasil memastikan diri setelah mengandaskan Argentina 2-0. Ini, menandai lolosnya Brasil sejak 2007 lalu.

Dikutip dari detiksport,  laga di semifinal antara Brasil vs Argentina dipanggungkan di Stadion Mineirao, Rabu (3/7) pagi WIB itu, seperti sudah final di di fiala ini.

Kemenangan Barsil, ditentukan Gabriel Jesus dan Roberto Firmino setelah Selecao usai menyumbang masing-masing satu gol dan assist.

Argentina sesungguhnya tampil jauh lebih agresif setelah melepaskan 14 percobaan [2 on target]. Namun, Albiceleste kurang beruntung karena dua usahanya dari Sergio Aguero dan Lionel Messi mengenai tiang dan mistar gawang Brasil.

Sementara itu, Brasil menyerang dengan lebih efisien. Dua gol yang dihasilkan berasal dari tiga percobaan on target dalam empat peluang secara keseluruhan.

Dengan sukses ini, Brasil akhirnya ke final lagi setelah 12 tahun. Final sebelumnya dicapai ketika menjuarai Copa America 2007 di Venezuela.

Itu artinya Brasil sudah 20 kali ke final yang menghasilkan delapan titel juara.

Kini, Brasil tinggal menunggu lawan untuk berebut trofi di laga puncak, yaitu pemenang antara juara bertahan Chile vs Peru, dalam pertandingan Kamis (4/7) pagi WIB.dtk/pu

Alasannews.com, Jakarta | Jawara Copa Amerika 2019, akan ditentukan dinihari nanti, dimana Timnas Argentina akan menghadapi Brasil di semifinal.

Copa America 2019 yang banyak dinanti orang,  akan mempertemukan  Duel raksasa Amerika Latin, Brasil vs Argentina, Sabtu dinihari nanti.

Tim Tango melaju ke semifinal Copa America 2019 setelah menumbangkan Venezuela dalam laga yang berlangsung di Estadio Maracana, Sabtu (29/6/2019) dinihari WIB.

Dikutip dari detik.spot, Argentina memetik kemenangan 2-0. Gol Lauraro Martinez dan Giovani Lo Celso yang menjadi penentu hasil positif itu.

Meski menang dengan margin dua gol, Argentina disebut penyerangnya menjalani laga yang tak mudah dengan Venezuela.


Argentina melawan tim Samba di Estadio Maracana, Rabu (3/7) pukul 7.30 pagi WIB, di babak empat besar. Pertemuan ini merupakan perjumpaan pertama antara dua rival abadi di Copa America sejak 2007.

Argentina menelan kekalahan telak atas Brasil 0-3 dalam pertemuan terakhir itu. Aguero menilai bahwa laga ini membuat semua seluruh pecinta sepakbola di penjuru dunia antusias.dtk.com/pu

Popda Sulteng 2019, Sore Tadi Resmi Dimulai

alasannews.com, Luwuk--Sulteng | Lapangan Alun-Alun Bumi Mutiara Kota Luwuk, Kabupaten Banggai jadi saksi dibukanya iven Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Sulteng Tahun 2019, Rabu sore (26/6).

Dari laporan Kadis Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulteng Drs. Irvan Ariyanto, M.Si, popda adalah wujud konkrit pembinaan olahraga khususnya ajang penyeleksian atlet pelajar terbaik guna memenuhi kuota masuk ke POPNAS 2019 di Papua.

Ia sebutkan total kontingen kab/kota yang ambil bagian sebanyak 422 orang meliputi atlet, pelatih dan official dengan 4 cabang yang dilomba mulai 25 Juni sampai 3 Juli 2019 yaitu atletik, karate, renang dan voli pasir.

Veneu atau tempat bertanding lanjutnya, atletik di GOR Kilongan, karate di gedung graha pemda, renang di kolam renang bukit inspirasi dan voli di kompleks Kelurahan Kilongan Permai.

Di ajang tsb, satu kabupaten tidak mengirim kontingennya sampai upacara pembukaan dilaksanakan yaitu Morowali.

Wakil Bupati Drs. H. Mustar Labolo mengkhaturkan terima kasih atas penunjukkan Banggai sebagai tuan rumah ajang bergengsi POPDA 2019 sekaligus mengajak peserta membawa pulang gerakan moral Pinasa ke daerah masing-masing.

Pinasa adalah akronim "Pia na sampah ala" atau diIndonesiakan menjadi "Lihat sampah ambil"

"Goalnya (pinasa) hidup bersih dan sehat," ungkapnya tentang kearifan lokal Suku Saluan yang berbuah 2 kali adipura tsb.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Dr. H. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si mewakili gubernur mengucapkan terima kasih pada sentra-sentra olahraga melalui PPLP, PPLPD dan SKO yang sukses membibit atlet pelajar daerah potensial.

Menurutnya atlet pelajar harus bisa membagi waktu berlatih dan waktu belajar dengan baik sebab mengejar prestasi olahraga sama penting dengan mengejar prestasi akademik.

"Karena keduanya sama-sama penting untuk meraih sukses," Ia ingatkan.

Kepada atlet yang berlaga, Ia minta bermain spartan dengan tetap menjunjung sportivitas.

"Hanya yang terbaik berhak menjadi juara, untuk itu tampil lah semaksimal mungkin," harapannya.

Usai sambutan-sambutan, sejumlah balon dilepas ke udara menandai dimulainya POPDA dan ikut diisi partai eksibisi sepak takraw antara atlet putra Banggai menghadapi atlet putri Sulteng.

Turut hadir di acara, Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo yang memimpin langsung kontingen Palu.

*(Biro Humas dan Protokol Setdaprov Sulteng)*

Menang 2 - 1, PSM Makassar Tetap Terjungkal di Piala AFC 2019

alasannews.com--Sepakbola | PSM Makassar mengalahkan Becamex Binh Duong 2-1 di leg kedua semifinal Zona ASEAN Piala AFC 2019. Namun, Juku Eja tetap tersingkir karena kalah gol tandang.

Bertanding di Stadion Pakansari, Cibinong, Kab. Bogor, Rabu (26/6/2019), PSM harus mengejar kekalahan 0-1 dari leg pertama di Vietnam. Pada leg kedua, PSM pun membuat Becamex kerepotan.

Di menit ke-14, PSM pembuka peluang lewat aksi Wiljan Pluim. Sepakan placingnya membuat bola masih tipis di atas gawang Becamex. Sementara peluang Becamex datang di menit ke-33. Sundulan Wander Luiz masih terlalu tinggi dari gawang PSM.


Di menit ke-37, Becamex punya kans bagus lewat aksi Nguyen Thienh Linh. Menerima umpan lambung tepat di kotak penalti, ia tinggal berhadapan dengan Rivki. Ia melepaskan sepakan, namun bolanya melenceng ke sisi kanan gawang PSM.

Beberapa menit berselang, PSM sempat protes meminta penalti ketika salah satu pemain Becamex terlihat handball. Namun, wasit bergeming.

Usai insiden itu, Becamex beberapa kali punya peluang. Sampai akhirnya di injury time babak pertama, Wander Luiz membobol gawang PSM dengan sundulan, memanfaatkan sepak pojok. PSM tertinggal 0-1 saat turun minum.

Di babak kedua, laga masih berjalan sengit. Peluang Becamex lewat Nguyen Tienh Linh dan Nguyen Anh Duc bisa dibalas lewat peluang Beny Wahyudi dan Eero Markkanen.

Di menit ke-67, Markkanen punya kans bagus menyamakan skor. Namun, tandukannya masih membuat bola melenceng tipis ke sisi kanan gawang Becamex.

Tekanan PSM akhirnya membuahkan hasil di menit ke-75. Bek Bek Becamex, Ho Tan Tai, membuat gol bunuh diri setelah salah mengantisipasi crossing dari sisi kanan. Ia malah menanduk bola masuk ke gawang sendiri. Skor menjadi 1-1.

Semenit berselang, PSM nyaris membalikkan keadaan. Lewat skema yang sama seperti gol pertama, kali ini tandukan Markkanen masih membuat bolanya melenceng dari gawang Becamex.

 Terus menekan, PSM bisa berbalik unggul menjadi 2-1 di menit ke-87. Berawal dari sepak pojok yang dilepaskan Zulham, bek Aaron Evans menyontek langsung bola ke gawang Becamex.

Di sisa laga, PSM terus menggempur Becamex untuk mencari satu gol lagi. Namun, Becamex bisa mempertahankan gawangnya sehingga kekalahan 1-2 tetap bertahan.

Hasil ini membuat PSM tetap tersingkir dari Piala AFC 2019 karena kalah produktivitas gol tandang dalam agregat 2-2. Selanjutnya, Becamex akan menghadapi sesama klub Vietnam, Ha Noi, di final Zona ASEAN.

Susunan Pemain

PSM Makassar: Rivki Mokodompit, Beny Wahyudi, Abdul Rahman (Ferdinan Sinaga 81'), Aaron Evans, Asnawi Bahar, Rasyid Bakri (Guy Junior 73'), Marc Klok, Rizky Pellu (Zulham Zamrun 46'), Wiljan Pluim, Muhammad Rachmat, Eero Markkanen

Becamex Binh Duong: Tran Duc Cuong, Nguyen Thanh Long, Ali Rabo, Nguyen Thanh Thao, Ho Tan Tai, Nguyen Trong Huy (Hoang Max 64'), Le Tan Tai, Wander Luiz, Nguyen Tien Linh (Ho Sy 66'0, Victor Mansaray, Nguyen Anh Duc (Veniamin Shumeyko 83')

 

Sumber detik.com

Halaman 1 dari 11

Kontak Polisi

RESOR PALU