Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Gerakan makan buah dan sayur di Tolitoli dibuka Sekda Moh Asrul Bantilan

5/15/2024 | 17:29 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-15T10:32:35Z


TOLITOLI, ALASANnews - Sekretaris Daerah Moh. Asrul Bantilan mewakili Bupati Tolitoli membuka Kegiatan Gerakan Makan buah dan Sayur di rangkaian dengan Gerakan Pangan Murah yang di selenggarakan oleh Dinas Pangan Provinsi Sulawesi Tengah  bersama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tolitoli di Halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tolitoli pada hari (Rabu,15-05/ 2024).


Peningkatan skor pola pangan harapan (PPH) merupakan indikator kinerja utama pembangunan di sektor pangan sebagaimana yang diamanatkan dalam RPJMD tahun 2024. Implementasi untuk meningkatkan skor PPH di maksud adalah melalui kegiatan GERAKAN MAKAN SAYUR dan BUAH yang melibatkan seluruh komponen masyarakat luas.


Dalam sambutan Bupati Tolitoli yang di Bacakan Sekretaris Daerah Moh. Asrul Bantilan,S.Sos mengatakan," Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang tidak hanya berfungsi sebagai sumber energi tetapi juga sebagai penunjang kesehatan. salah satu komponen penting dalam pola makan sehat adalah konsumsi buah dan sayur. oleh karena itu gerakan makan buah dan sayur yang kita canangkan merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kesadaran dan perilaku hidup sehat masyarakat Kabupaten Tolitoli. sebagaimana disebutkan dalam undang-undang nomor 18 tahun 2012 tentang pangan mengamanatkan bahwa Pemerintah Daerah berkewajiban mewujudkan penganeka-ragaman konsumsi pangan untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat sesuai dengan potensi dan kearifan lokal guna mewujudkan hidup sehat aktif dan produktif  dan Kabupaten Tolitoli merupakan salah satu wilayah yang memiliki lahan pertanian yang potensial sehingga suplay kebutuhan pangan penduduknya bisa dipenuhi dari produksi dalam daerah," Kata Sekda Moh.Asrul Bantilan 


Selanjutnya Bupati berharap," Gerakan makan buah dan sayur ini tidak hanya sebatas kampanye tetapi harus menjadi bagian dari gaya hidup kita sehari-hari. untuk itu saya mengajak seluruh elemen masyarakat mulai dari Pemerintah, swasta, organisasi kemasyarakatan hingga keluarga-keluarga di rumah untuk turut berpartisipasi aktif dalam gerakan ini. Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tolitoli diharapkan dapat terus melakukan sosialisasi dan edukasi serta bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menyediakan akses yang mudah dan terjangkau terhadap buah dan sayur," Tutup Sekretaris Daerah.


Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Tengah atau yang mewakili kabid. penganeka-ragaman konsumsi, kepala dinas ketahanan pangan Kabupaten Tolitoli bersama jajarannya, para kepala perangkat daerah terkait lingkup Pemerintah Kabupaten Tolitoli, bapak/ibu kelompok UMKM pangan lokal, ibu-ibu TP-PKK Kabupaten dan kelurahan, bapak/ibu pendidik SMP/SMA sederajat, serta seluruh undangan..** WAHYU **

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update