Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Front LBH Advokat Rakyat mengutuk keras penembakan massa aksi demo soal tambang di Parigi

2/13/2022 | 20:13 WIB | 0 Views Last Updated 2022-02-13T13:13:16Z



Parigi  . -- 
Menurut Advokat Rakyat Agussalim SH bersama Direktur LBH Parimo Sumitro SH bahwa hingga saat ini, kami masih menuntaskan 59 massa aksi yg ada di Polres Parimo.


Front Advokat Rakyat LBH Parigi Moutong yang terdiri dari 27 Advokat hari ini mendatangi Polres Parigi Moutong dalam kaitannya mendampingi 59 massa aksi tolak IUP Tambang PT Trio Kencana.

Front Advokat Rakyat LBH Parigi Kutuk Keras Tewasnya Massa Aksu  di Parigi Moutong

" Setelah ini, kami akan rapat bersama menuju Palu, untuk agenda aksi damai menuntut kejelasan tewasnya Aldi di Polra Sulteng tegas Advokat Rakyat Agussalim SH.

 Dikarenakan 59 masih dalam berita acara wawancara (BAW), sejak pagi jam 7 ...kami sudah berada mendampingi mereka hingga saat ini belum selesai, ujar Sumitro SH.

Selain itu, tewasnya satu orang pemuda bernama Aldi menjadi fokus tuntutan FAR LBH PARIMO dimana hingga saat ini masih simpang siur dalam kronologis kejadian tewasnya Aldi.





“Front Advokat Rakyat LBH Parigi Moutong tentunya sangat menyayangkan terjadinya bentrok antar massa aksi dengan aparat Kepolisian setempat,” kata Advokat Hartati Hartono selaku juru bicara FAR LBH Parimo saat dihubungi Radar Nasional Minggu (13/2).

Warga penolakan tambang tersebut berasal dari Kecamatan Toribulu, Kasimbar, dan Tinombo Selatan, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah. Korban bernama Aldy yang tewas tertembak merupakan warga Desa Tada, Tinombo Selatan, Parigi Moutong (Parimo).

 Selanjutnya, Warga penolakan IUP PT Trio Kencana tersebut berasal dari Kecamatan Toribulu, Kasimbar, dan Tinombo Selatan, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah. Korban bernama Aldy yang tewas tertembak merupakan warga Desa Tada, Tinombo Selatan, Parigi Moutong (Parimo).


Saat ditanya  FAR LBH PARIMO melakukan apa dalam waktu dekat ini, Advokat Rakyat Agussalim SH menuturkan bahwa kami akan melayangkna surat ke Presiden RI dan Kapolri untuk membentuk tim independen bersama Komnas HAM  turun langsung ke lapangan lakukan penyelidikan dengan interview mendalam dan berupaya melakukan komunikasi dengan simpul-simpul massa aksi.


 Hartati Hartono SH menjelaskan, yang patut diketahui,  sebelum bentrokan terjadi aparat Kepolisian sudah mengambil langkah-langkah penting yang bersifat humanis saat melakukan pengamanan demonstrasi.

Bahkan, kata salah satu Koordinator FAR LBH PARIMO Ahmar SH Kapolres setempat sempat turun langsung untuk melakukan negosiasi dengan massa aksi supaya membubarkan diri atau setidaknya membuka blokade jalur jalan Nasional Trans Sulawesi, namun kejadian tewasnya Aldi menjadi fokus tanda tanya kami.

Menurut Advokat Rakyat Agussalim SH, kenapa bisa ini terjadi, semua masih dalam SOP Masing masing...dan FAR LBH PARIMO meminta pertanggungjawaban Kapolres Parimo dan Kapolda Sulteng kepada Masyarakat Sulteng ujar Advokat Rakyat Agussalim SH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update