Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemkab Bone Bolango Siap Dukung Program Ketahanan Pangan di Lombongo

Rabu, 05 Oktober 2022 | 11:30 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-05T04:30:26Z


ALASANNEWS. BONE BOLANGO - Wakil Bupati Merlan S. Uloli didampingi Sekretaris Daerah, Ishak Ntoma dan Ketua DPRD Halid Tangahu saat panen perdana jagung manis sebagai hasil pengolahan ketahanan pangan melalui pemanfaatan lahan kosong untuk peningkatan pendapatan asli Desa Lombongo, Kecamatan Suwawa Tengah. Rabu, 5/10/2022

Pemerintah Kabupaten Bone Bolango siap mendukung program ketahanan pangan yang dilaksanakan di Desa Lombongo, Kecamatan Suwawa Tengah. Wakil Bupati Merlan S. Uloli menginginkan seluruh desa bisa melaksanakan program ketahanan pangan dengan berbagai inovasi yang dilakukan dan hasilnya bisa dirasakan secara bersama.

“Apa yang dilakukan oleh Desa Lombongo dalam menanam jagung dan dipanen pada hari ini sangat baik yang bisa menekan angka inflasi di daerah,”ujar Wabup Merlan didampingi Sekretaris Daerah, Ishak Ntoma dan Ketua DPRD Halid Tangahu saat panen perdana jagung manis sebagai hasil pengolahan ketahanan pangan melalui pemanfaatan lahan kosong untuk peningkatan pendapatan asli Desa Lombongo, Kecamatan Suwawa Tengah.

Menurut orang nomor dua di Bone Bolango itu, selain jagung ada berbagai inovasi yang bisa dilaksanakan di Desa Lombongo untuk peningkatan pendapatan asli desa seperti pembukaan galeri di Objek Wisata Lombongo sebagai pusat kerajinan oleh-oleh bagi para wisatawan.

“Jika galeri ini siap dibuka saya mendukung secara penuh bersama organisasi IWAPI yang kebetulan saya ketuanya. Disana kita bisa merintis oleh-oleh tikar anyaman yang juga bisa dimodifikasi dengan berbagai bentuk seperti sajadah, dompet dan tas-tas kecil,”ungkap Merlan kepada awak media ALASANNEWS Gorontalo.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bone Bolango, Yusbar Ismail berpesan untuk peningkatan produksi jagung manis, para petani bisa menanam pada satu lubang dengan 2 benih jagung agar ketika panen nanti pada satu rumpun bisa menghasilkan 4 tongkol jagung.

“Jika ini kita lakukan maka kita bisa mendukung suplai jagung di Provinsi Gorontalo yang permintaannya sangat tinggi,”ucap Yusbar.

Sebelumnya Camat Suwawa Tengah yang juga Penjabat Kepala Desa Lombongo, Oktavianus Tangahu menambahkan program ketahanan pangan di Desa Lombongo menggunakan 2 hektare tanah yang ditanami jagung manis dengan dukungan dari seluruh masyarakat.

“Insya allah keuntungan dari program ketahanan pangan ini nantinya akan menghasilkan pendapatan asli desa yang ditaksir mencapai 6 juta dan bisa menghasilkan lapangan kerja untuk masyarakat kita di wilayah Bone Bolango,”Ujar Oktavianus. Rabu, 5/10/2022

Reporter : Mucthar Muhammad
×
Berita Terbaru Update