Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Business Gathering, Transformasi BSPJI Pontianak, Upaya Standarisasi Produk

12/02/2022 | 18:43 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-02T11:43:44Z


Alasannews,Pontianak – Balai Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Pontianak (BSPJI) Pontianak Kamis tgl 1/12/2022 mengadakan kegiatan Temu Bisnis ( Business Gathering ), dengan mengangkat tema Transformasi BSPJI Pontianak Mendukung Kemandiran Industri.”Kegiatan dilaksanakan di Hotel Golden Tulip Pontianak,Kalbar.

Agus Budi Lestari, S.Si., M.T.A., menjelaskan
Kegiatan dimaksudkan sebagai sarana untuk mempererat tali silaturahmi dan kerjasama dengan stakeholder yang ada di BSPJI Pontianak, dan juga sekaligus untuk mensosialisasikan kembali karena ada perubahan fungsi, dan perannya juga berubah.

Balai Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Pontianak (BSPJI) Pontianak, adalah salah satu Unit Kerja di bawah Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kementerian Perindustrian telah bertransformasi, berubah dari yang sebelumnya bernama Balai Riset dan Stadardisasi (Baristand) Industri Pontianak.
Perubahan tersebut sesuai dengan Permenperin Nomor 1 Tahun 2022, dimana BSPJI Pontianak bertugas melaksanakan standardisasi industri, optimalisasi pemanfaatan teknologi industri, industri hijau, dan pelayanan jasa industri berlandaskan potensi sumber daya daerah, dengan melaksanakan fungsi fungsi antara lain :

Pelaksanaan penerapan dan standarisasi pengawasan industri,
Pelaksanaan optimalisasi pemanfaatan teknologi industri,
Pendampingan dan konsultansi di bidang standardisasi, optimalisasi pemanfaatan teknologi industri, industri hijau, dan jasa industri,
Pelaksanaan pengujian, kalibrasi, inspeksi teknis dan verifikasi di bidang industri,
Pelaksanaan sertifikasi sistem manajemen, produk, teknologi, dan industri hijau,
Pelaksanaan fasilitasi kemitraan layanan jasa industri,
Pelaksanaan pengumpulan dan pengolahan data serta penyajian informasi
Pelaksanaan urusan Perencanaan, program, anggaran, kepegawaian, keuangan, organisasi, tata laksana, administrasi kerja sama, hubungan masyarakat, pengelolaan barang milik negara, persuratan, perpustakaan, kearsipan, dan rumah tangga dan
Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan.

Sebagai bagian dari Kementerian Perindustrian, BSPJI selalu berupaya bagaimana industri itu bisa menerapkan standar, salah satu standar yang menjadi acuan adalah terkait dengan produk yang diterbitkan oleh Badan Standarisasi Nasional Indonesia (SNI), “Jadi kegiatan kami itu ada beberapa yang terkait dengan sertifikasi untuk SNI baik itu produk maupun komoditi. Harapannya, kwalitasnya terstandar, memenuhi jaminan mutu ” Jelas Agus.

Acara Business Gathering 2022 ini menghadirkan beberapa pembicara diantaranya Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kalimantan Barat yang diwakili salah satu Kabid. DLHK, Kepala BSPJI Pontianak Agung Budi Lestari, S.Si.,M.T.A., dan Pejabat Fungsional Pembina Industri Agus Sri Mulyono,S.Si., dan yang bertindak sebagai moderator, Sabfatur Rahman, S.E., Fungsionaris Pranata Humas.

BSPJI Pontianak. Selanjutnya juga mengundang peserta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota, pimpinan perusahaan kelapa sawit, karet, industri makanan dan minuman, BUMN, dan pelaku usaha lainnya se-Kalimantan Barat.

Melalui Business Gathering ini diharapkan kualitas pelayanan jasa industri dan kerjasama yang sinergis dapat terus ditingkatkan untuk mendukung kemandirian industri terutama di Kalimantan Barat.
(Gugun/Run)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update