Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Gempa 4,9 SR Guncang kota Lhokseumawe dan Aceh Utara

1/03/2023 | 11:39 WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-03T04:39:59Z


Aceh Utara,ALASANnews.com -  Gempa bumi tektonik berkekuatan 4,9 skala richter mengguncang kota Lhokseumawe dan Aceh Utara serta sekitarnya pada hari  Senin (02/01/2023). Hasil analisa BMKG menunjukkan episenter gempa terletak pada koordinat 5.41 LU,96.99 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 29 km Barat Laut Kota Lhokseumawe pada kedalaman 10 kilometer.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif, sesar Lhokseumawe, “ jelas Kepala BMKG Aceh Utara, Siswanto pada media selasa 3/1/2023

Dampak gempa bumi menurut peta tingkat guncangan, gempa dirasakan di wilayah Lhokseumawe dan Aceh Utara serta sekitarnya dengan skala Intensitas II - III.

“Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu, Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut,” ungkapnya.

Siswanto menghimbau, kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Dan selalu mengikuti akun resmi BMKG. 

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya, Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG," pungkasnya. 
(zainal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update