Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Koordinasi Pengisian PDSS dan SNPMB Dalam Pertemuan MGBK Di SMKN 1 Bakung Blitar

1/25/2023 | 17:05 WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-25T10:05:28Z


Koordinasi Pengisian PDSS dan SNPMB Dalam Pertemuan MGBK Di SMKN 1 Bakung Blitar


Blitar,Alasannews.com- Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) merupakan wadah bagi para Guru Bimbingan dan Konseling untuk melakukan sharing ilmu dan pengalaman terkait dengan program pelayanan kepada siswa.


Kegiatan MGBK rutin dilaksanakan oleh Guru BK SMK Kabupaten Blitar.  Diawal tahun 2023, kegiatan ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Bakung dengan agenda Koordinasi Pengisian PDSS dan SNPMB tahun 2023. 
( 25/01/23)


PDSS merupakan database yang berisi catatan kinerja sekolah dan hasil rapor siswa yang dapat mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023. PDSS ini merupakan salah satu syarat SNBP 2023 atau yang dulu disebut dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Jadi dapat dikatakan bahwa pengisian PDSS merupakan langkah awal yang dilakukan Guru BK agar siswanya masuk Perguruan Tinggi Negeri.


Mengingat pentingnya kegiatan tersebut, maka pengisian PDSS perlu dilakukan dengan benar dan teliti. Dibutuhkan koordinasi dan komunikasi yang memadai agar Guru BK memiliki kesamaan persepsi dan meminimalkan adanya kesalahan.


Pertemuan MGBK yang dilaksanakan pada Hari Selasa, 24 Januari 2023 dengan agenda pengisian PDSS dan SNPMB dihadiri oleh Guru Bimbingan dan Konseling SMK Negeri dan Swasta di Kabupaten Blitar. Dalam pertemuan ini, Dr. Imam Wahyudi, S.Pd., M.Pd.I selaku Kepala SMK Negeri 1 Bakung Blitar berkenan memberikan sambutan  sekaligus membuka acara. 


Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi dan dukungan bagi para Guru BK untuk memaksimalkan kegiatan MGBK. Beliau berpesan agar pengisian PDSS dilakukan dengan baik mengingat hal ini menyangkut masa depan siswa yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Harapannya semoga lulusan SMK banyak yang diterima di perguruan tinggi sehingga proporsi lulusan SMK yang bekerja, meneruskan kuliah dan berwirausaha berbanding seimbang.

 
Dalam kesempatan kali ini Kepala sekolah juga memberi masukan untuk turut mengundang pihak lain misalnya psikolog sebagai narasumber dalam pertemuan MGBK. Dengan adanya narasumber yang memadai dapat membantu Guru BK untuk memahami karakteristik masing-masing siswa.  Dimasa ini, perhatian Guru BK bukan hanya terpaku pada masalah siswa melainkan pada pengembangan bakat, minat dan prestasi siswa. Hal ini dapat menghapus stigma negatif guru BK sebagai polisi sekolah.


Sedangkan dalam upaya pengembangan kompetensi pedagogik dan professional, Guru BK dihimbau untuk bergabung dalam komunitas di platform merdeka belajar dan berbagi aksi baik. Pada intinya Guru BK diminta untuk bergerak mengikuti perkembangan dan melakukan upgrade ilmu pengetahuan. 


Secara umum kegiatan MGBK di SMKN 1 Bakung Blitar berjalan lancar sesuai rencana. Selain pembahasan tentang PDSS dan SNPMB, dalam pertemuan ini juga dilaksanakan diskusi usulan kerjasama dengan beberapa Universitas Negeri dan Swasta di Jawa Timur. Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan layanan bimbingan karir bagi siswa kelas XII. Dengan berbagai upaya ini diharapkan dapat mengantar siswa menuju arah karir yang lebih optimal.

Source : Anna
Editor : Gugun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update