Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kabupaten Blitar dapat Penghargaan Daerah Fokus belajar.id dari Pusdatin Kemendikbud Ristek

2/03/2023 | 12:02 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-03T05:02:25Z


Kabupaten Blitar dapat Penghargaan Daerah Fokus belajar.id dari Pusdatin Kemendikbud Ristek


Blitar, Alasannews.com Sejak pertengahan 2020 Kemendikbud telah menerbitkan akun pembelajaran yaitu akun belajar.id. Akun elektronik tersebut dapat digunakan untuk peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk mengakses layanan pembelajaran terutama layanan pembelajaran dari Kemendikbud. Awalnya akun Pembelajaran tersebut dibuat bertujuan untuk mendukung kegiatan belajar dari rumah di masa pandemi.


Akun Pembelajaran tersebut dalam bentuk Akun Google dengan domain @belajar.id, sehingga pengguna Akun Pembelajaran otomatis mendapatkan akses ke layanan pendukung pembelajaran  dalam G Suite for Education yang siap pakai dan telah banyak digunakan publik dan pembuatan dan penggunaan Akun Pembelajaran bebas biaya.


Sebagai upaya meningkatkan dan mengoptimalkan aktivasi dan pemanfaatan akun pembelajaran (belajar.id) bagi pendidik, peserta didik, dan tenaga kependidikan, maka
Kemendikbud Ristek, melalu Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) membentuk Komunitas Pendidik Akun Pembelajaran di tingkat Provinsi (Kapten Belajar.id) dan di tingkat Kabupaten/Kota (Co-Kapten Belajar.id). Kapten dan Co-Kapten belajar.id ini diharapkan menjadi penggerak dan pendorong dalam pemberdayaan, pengimbasan aktivasi dan pemanfaatan akun pembelajaran serta  program-program inovatif lainnya di masing-masing daerah. Adapun untuk Kabupaten Blitar yang menjadi Co-Kapten adalah  Dr. Imam Wahyudi, S.Pd, M.PdI yang sekarang menjadi kepala SMKN 1 Bakung Blitar.


Ditahun 2022 Kabupaten Blitar meraih peringat ke-31 Daerah Fokus belajar.id yang diselenggarakan oleh Pusdatin Kemendikbud-Ristek, yaitu daerah yang persentase penambahn aktivasi akun belajar.id tertinggi periode 1 Juli – 11 November 2022 secara nasional. Dan sertifikat daerah fokus belajar.id tersebut baru diterima oleh Co-Kapten 25 Januari 2023. Menurut Co-Kapten kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan untuk mengoptimalkan pengaktifan akun belajar.id adalah membentuk tim Google Master Trainer (GMT) yang terdiri dari para alumni pelatihan GMT dari kabupaten Blitar. Mereka menjadi garda terdepan dalam pengaktifan akun belajar.id. Selanjutnya berkoordinassi dengan Dinas Penddikan kabupaten Blitar, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Blitar. Sehingga mendapatkan kesempatan untuk mensosialisasikan penggunaan dan manfaatan akun belajar.id. 


Seperti untuk Dinas pendidikan kabupaten Blitar khususnya jenjang SD dengan pelaksanaan Ujian Sekolah dengan memanfaatkan akun belajar.id, sehingga akun yang didapatkan dimanfaatkan dalam pembelajaran. selanjutnya melakukan Workshop Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk bapak ibu guru, sehingga para guru juga memanfaatkan akun tersebut.   

Sekali lagi kami ucapkan terima kasih dan tetap semangat untk mengembangkan digitalisasi pendidikan melalui akun belajar.id. semoga pendidikan di kabupaten Blitar semakin meningkat, ucap Co-Kapten belajar.id Kabupaten Blitar.

Source Anna
Editor : Gugun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update