Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kopi Nusantara Menyapa Para Pencintanya Bersama Salam Martin

2/26/2023 | 16:57 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-26T09:57:38Z


Jakarta, ALASANnews.com.--Indonesia adalah negara yang diberkahi dengan letak geografis dan struktur tanah baik tempat bertumbuhnya kopi.

Rancangan Komunitas Kopi Nusantara

"Kita sarankan Ibu Poppy Dharsono membuat KAFE untuk pecinta Kopi Nusantara. Rencananya kita awali di Jakarta dan seluruh Indonesia. Target konsumen mulai dari kalangan muda mudi sampai segala usia. "Jelas Salam Martin kepada wartawan di Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara, Minggu (26/2/2023)

"Di samping itu kita juga menyediakan Kopi Kesehatan Berikutnya juga Kopi-Kopi Daerah baik Kopi Lampung, Kopi Aceh, Mandailing Natal dan lainnya, "lanjut Salam

"Kopi ini ada kaitannya dengan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) sehingga ke depannya menjadi kekuatan ekonomi kerakyatan. "Ulasnya

"Beberapa wilayah di Indonesia tersebar perkebunan kopi yang masing-masing hasil kopinya memiliki karakteristik unik dan berbeda-beda. Apa saja kopi nusantara dan bagaimana karakteristik setiap biji kopinya? Yuk, baca artikel dibawah ini.

Kopi Sumatera

Kopi Sumatera adalah salah satu kopi paling terkenal di dunia. Kopi Sumatera yang paling terkenal berasal dari Sumatera Utara dengan kopi Sidikalang, Lintong dan Mandheling. Kopi Sumatera memiliki cita rasa yang berat. Bisa dikatakan paling berat dan kompleks di antara jenis-jenis kopi yang ada di dunia. Beberapa ahli kopi mengatakan kopi Sumatera memiliki cita rasa unik karena dengan karakteristik dengan aroma rempah dan juga earthy. Kopi Sumatera memiliki tekstur halus dan berbau tajam. Inilah yang menyebabkan kopi Sumatera menjadi salah satu kopi paling laris. Kopi Suamtera diproses dalam dua cara yaitu proses semi-washed dan dry-processed. Ditanam di ketinggian dan kontur tanah ideal menjadikan kopi Sumatera berkualitas terbaik bahkan di mata Internasional.

Tana Toraja adalah daerah yang diberkahi tanah tempat kopi tumbuh subur dengan kualitas yang tak kalah baik dari kopi dari daerah lain. Rasa yang kuat dan kadar asam yang tinggi menjadikan kopi Toraja diminati pasar yang memang menyukai kopi dengan keasaman tinggi. Meskipun sering disebut-sebut bercita rasa mirip dengan kopi Sumatera, tapi kopi Toraja memiliki ciri sendiri yang tentunya berbeda. Kopi Toraja memiliki bentuk biji yang lebih kecil dan lebih mengkilap dan licin pada kulit bijinya. Meskipun memiliki cita rasa asam, kopi Toraja memilki aroma earthy yang khas. Dan menurut ahli kopi aroma itulah yang menjadikan kopi Toraja berbeda dengan karakteristik yang unik pula.

Siapa yang tidak kenal dengan kopi Aceh Gayo yang sudah tersohor kenikmatannya? Kopi yang berasal dari daerah Tanah Gayo Aceh Tengah ini menjadi salah satu jenis kopi yang paling banyak dikonsumsi masyarakat maupun yang diekspor ke luar negeri. Kopi Gayo memiliki ciri unik dengan kekhasan aroma yang berbeda dengan kopi-kopi lain di Indonesia. Kopi Gayo menghasilkan sebagian besar jenis kopi Arabika terbaik. Cita rasa kopi Gayo sendiri terasa lebih pahit dengan tingkat keasaman rendah. Aromanya yang sangat tajam menjadikan jenis kopi ini disukai. Tak heran kopi ini menjadi penghasil kopi terbesar di Asia. Meskipun rasanya pahit, kopi Gayo memberi aroma gurih pada setiap tegukan

"Salam buat para Pencinta Kopi Nusantara,"pungkasnya

Lipsus: Jalal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update