Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pengelolaan Arsip di Sulawesi Tengah Perlu Lebih Optimal

2/23/2023 | 17:26 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-23T10:26:30Z


Palu, Alasannews.com
Pengelolaan arsip di Sulteng masih jauh dari optimal, diantaranya tercermin dari hasil pengawasan kearsipan ternyata baru 1 kabupaten masuk dalam kategori B.

“Masih banyak mindset yang menganggap arsip itu tidak penting,” Kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr. Rudi Dewanto, SE,MM pada pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawasan Kearsipan Internal Kabupaten/Kota se Sulteng pada Kamis (23/2), bertempat di aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulteng.

Lebih lanjut pada sambutan gubernur terungkap bahwa sebagian besar kabupaten kota belum memiliki SDM kearsipan yang kompeten.

Untuk itu Gubernur Rusdy Mastura melalui Asisten Rudi Dewanto berharap semoga dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi SDM kearsipan menuju Sulteng sadar tertib arsip.

“Tentunya akan berdampak positif pada peningkatan kualitas pengelolaan arsip dinamis sebab arsip tidak hanya sebagai bahan data namun juga sebagai bahan penelitian dan evaluasi kinerja ke depan bagi setiap struktur pemerintahan,” ungkapnya.

Asisten juga mengusulkan supaya nanti tiap OPD memiliki minimal 2 ASN untuk mengelola kearsipan yang telah dibekali kemampuan teknis oleh dinas perpustakaan dan kearsipan.

“Saya harap terdiri dua orang, satu (pegawai) senior dan satunya junior,” saran asisten untuk perbaikan tata kelola arsip pemerintahan.

Berdasarkan laporan panitia oleh Kepala Bidang Pengawasan Kearsipan Rodice, SKM, M.Kes, Bimtek berlangsung selama 2 hari dengan diisi penyampaian materi oleh 2 narasumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) serta diikuti lebih kurang 50 peserta.

Disampaikan juga bahwa pada peringatan HUT Provinsi Sulteng bulan April nanti, dinas perpustakaan dan kearsipan akan mengumumkan hasil audit Laporan Kearsipan Daerah Internal dan Eksternal.*/redaksi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update