Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

TA Gubernur Rony Tanusaputra Beberkan Sulteng Sebagai Miniatur Indonesia Dipertemuan Kaum Bapak di Gorontalo

2/25/2023 | 11:25 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-25T04:25:07Z


Gorontalo, ALASANnews--Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura, Mengutus Tim Ahli Gubernur Bidang Fiskal dan Investasi dan Merupakan Pengurus Kaum Bapak Katolik Keuskupan Manado Ronny Tanusaputra, Menyampaikan Materi Pemikiran Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura Dengan thema :

 “Merajut Harmoni di Tengah Kemajemukan Masyarakat Sulawesi Tengah“, bertempat di Gorontalo, 26 February 2023.

Sulawesi Tengah Merupakan meniatur Indonesia sangat Majemuk Eknik, Suku dan Agama.

Sulawesi Tengah, Memiliki Luas Wilayah 61,841 Km2, terdiri dari 12 Kabupaten dan
1 Kotamadya dengan Jumlah Penduduk Sulawesi Tengah berdasarkan Data BPS
tahun 2022 Sebanyak, 3.054,020 jiwa, Sebaran Suku bangsa di provinsi Sulawesi
Tengah sangat beragam. Suku mayoritas adalah suku asli setempat termasuk suku Kaili, Kulawi, Lore, Pamona, Bungku, Saluan, dan lainnya, (62,16%). Suku bangsa terbesar lainnya adalah suku Bugis sebanyak (15,62%), kemudian
suku Jawa (8,42%), Bali (4,41%) dan Gorontalo (4,01%), selebihnya Suku bangsa lainnya,Minahasa , Sasak, Makassar , Sunda , Tionghoa , suku asal Nusa Tenggara Timur Sementara suku terbanyak asal pulau Sumatra adalah
suku Batak dan Minangkabau Suku pendatang yang mendiami wilayah Sulawesi Tengah sudah membaur sejak awal abad ke 19.
Selanjutnya Bahwa Penduduk Sulawesi Tengah Sebagian Besar memeluk Agama
Islam sebesar 67,37 %, Kristen Protestan Sebesar 16,58%, Agama Hindu 4,45%,
Katolik Sebesar 1,85%, Budha 0,74%,
Penyebaran Agama Di Sulawesi Tengah berdasarkan sejarah , bahwa Agama Islam
disebarkan oleh Datuk Karama dan Datuk Mangaji , Ulama Dari Sumatra Barat dan
selanjutnya diteruskan oleh Al Alimul Allamah Al- Habib As Sayyed Idrus bin Salim Aljufri Seorang Guru pada Sekolah Al-Khairat yang pada Saat ini diusulkan juga sebagai Pahlawan Nasional.

Selanjutnya Agama Kristen Protestan dan Katolik disebarkan di Kabupaten Poso,
Donggala oleh Misionaris Belanda A.C Cruyt dan Adrian yang saat ini sudah tersebar di setiap 12 Kabupaten dan 1 Kota , demikian juga Agama Hindu , Budha.

Namun Demikian Meskipun Masyarakat Sulawesi Tengah Mayoritas beragama Islam , tetapi Tingkat Toleransi beragama sangat Tinggi dan Semangat Gotong Royong Sangat Kuat dan Sudah merupakan Bagian Kehidupan Masyarakat Sulawesi Tengah.

Dengan Melihat Kemajemukan Penduduk Sulawesi Tengah Tepat Pendapat dari
Mahfud MD menegaskan, kunci keberhasilan dibangunnya keharmonisan di Indonesia adalah kita mau hidup bersama di dalam perbedaan dengan menyepakati tata nilai.

 “Tata nilai yang kita angkat berasal dari abstraksi segala perbedaan yang disebut ideologi, yaitu Pancasila,” terangnya dalam acara bertemakan ‘Mewujudkan Harmoni
dalam Kebinekaan: Masalah dan Solusinya’ tersebut.

Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura , Sangat sependapat dengan Mahfud MD , Pancasila merupakan alat Pemersatu Bangsa , tanpa Pancasila mungkin kita tidak akan utuh seperti ini , sehingga kita bersyukur Negara Kita berdasarkan Pancasila dan dirumuskan bersama seluruh elemen pejuang bangsa sehingga terus kita bersatu untuk terus menyuarakan dan membumikan nilai nilai luhur Pancasila yang mampu mempersatukan kita didalam perbedaan .
Kita harus Bersyukur dengan Kebhinekaan yang dimiliki , disatu sisi dapat menjadi
Kelebihan , Keindahan dan juga Kekayaan Tersendiri , Tapi Disisi Lain Bisa Juga
menjadi Ancaman Terutama Dalam Kehidupan Beragama , Salah Satu Ancaman
Sulawesi Tengah Saat ini memiliki Pemimpin yang menaruh hatinya , pikirannya untuk membangun Sulawesi Tengah , Mensejahterakan Rakyat dengan tidak pernah membeda – bedakan Masyarakatnya, Semua Masyarakat Sulawesi Tengah Sama di Mata Gubernur Sulawesi Tengah Bapak Rusdy Mastura, kebijakan tersebut menjadi Pondasi yang kuat dan Kokoh sehingga Saat ini terwujud Harmoni Kebersamaan di Tengah – Tengah Kemajemukan Yang ada.
Kebijakan Gubernur Pada Awal Kepemimpinannya Untuk Segera Menyelesaikan Bencana Alam, Bencana Covid dan Bencana Sosial Poso , Dan Kebijakan Gubernur Tersebut. Membuahkan hasil dari Sisi Iman Kita Bahwa Tuhan Memberkati Kebijakan
Gubernur .
Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura , Menjalankan dengan baik , secara ketat dan terencana Gerakan Moderasi Beragama bersama Kementrian Agama, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), TNI dan Polri . Saat ini TNI dan POLRI .membentuk Personil yang bisa menjadi Imam , Penceramah ditengah – tengah
Masyarakat yang terus meningkatkat Moderasi Beragama. Sulawesi Tengah Juga bersyukur Sebagai Pusat Al- Khairat yang selama ini terus membantu Pemerintah untuk Menyuarakan Harmoni dan Kebersamaan Umat Beragama , Tokoh – Tokoh Umat Beragama , Dari Muslim , Kristen Protestan , Katolik , Hindu dan Budha yang terus bersama Pemerintah terus menyuarakan.
Pada Kesempatan Itu Juga Gubernur Sulawesi Tengah Yang disampaikan Utusan Gubernur bahwa Program Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah Dalam untuk Meningkatkan Moderasi Beragama dan Terus Menjaga Harmoni Kebersamaan Umat Beragama Antara Lain :
1. Melaksanakan Program Deradikalisasi sesuai dengan PP Nomor 77 Tahun 2019 , Yang dijalankan BNPT, TNI ,Polri.
2. Memberikan Dukungan Untuk Kegiatan Keagamaan Yang Berkeadilan untuk Seluruh Umat Beragama.
3. Meningkatkan Program Pembauran Masyarakat di Tengah - Tengah Masyarakat.
4. Mendorong Peningkatan Program FKUB dalam meningkatkan Kerukunan Umat Beragama. (FKUB menyampaikan Perlunya Peningkatan Kerukunan Umat Beragama )
5. Melakukan Deklarasi Kerukunan Umat Beragama.
6. Membentuk Kampung Kerukunan dan Kampung Moderasi Umat Beragama.
7. Membentuk Kampung Moderasi Beragama di Setiap Kabupaten .
Pada Kesempatan Itu Tim Ahli Gubernur Yang Diutus Gubernur Menyampaikan harapan Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura kepada Seluruh Umat Katolik Bersama Seluruh Elemen Masyarakat terus Menjaga silaturahmi dan Kebersamaan untuk mewujudkan Harmoni Ditengah perbedaaan Yang ada Khususnya Kaum Bapak Katolik.
Diakhir MateriNya Tim Ahli Gubernur , menyampaikan Salam Hangat dari Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura Kepada Kaum Bapak Katolik Se Keuskupan Manado dan Mengharapkan Kepada Semua Umat Katolik untuk Terus Mendoakan Kesehatan dan Kekuatan Kepada Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura , Untuk Terus Diberikan Kesehatan dan Panjang Umur untuk Memimpin Sulawesi Tengah Yang terus Rukun , Damai dan Mewujudkan Harmoni yang Indah ditengah tengah Masyarakat Sulawesi Tengah .

*Utusan Gubernur , Ronny Tanusaputra Tim Ahli Gubernur*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update