Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

"Payah Kondiyos One Man One Cow" Bayangi Pelelangan Sapi 19 Ekor Oleh Pemda Buol Tahun 2023

6/12/2023 | 12:23 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-12T05:23:50Z


Penulis : suleman dj.latantu 

Palu, AlasanNews com. Pemerintah Kabupaten Buol melalui perantaraan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang ( KPKNL ) Palu akan melaksanakan lelang atas barang Milik Daerah. 

Berdasarkan pengumuman resmi KPKNL Palu  melalui Harian Radar Sulteng tanggal 08 Juni 2023,  jenis barang milik Daerah Kabupaten Buol yang dilelang itu antara lain sebanyak 10 ekor sapi jantan Ras Bali dan sapi jantan Ras PO sebanyak 9 ekor. 

Informasi yang dihimpun media ini menyebutkan, adapun kedua jenis sapi yang  jumlah seluruhnya sebanyak 19 ekor itu adalah sapi yang diadakan Pemda Buol melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian tahun 2019 yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan program one man one cow yang digagas mantan Bupati Buol H.Amirudin Rauf. 

" Saya melihat dengan dilakukannya  pelelangan sapi sebanyak itu, ini adalah pertanda tidak berhasilnya program one man one cow yang telah  digagas H Amirudin Rauf sebagai  Bupati Buol kala itu. Kalau sudah begini, ini berarti payah kondiyos one man one cow " ujar salah seorang sumber media ini.

Apalagi jenis barang barang tersebut saat ini berada di lokasi UPT pembibitan ternak Kabupaten Buol dan masih dalam penguasaan dan pengawasan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Buol.

 " Kalau sapi itu dijual Pemda Buol  melalui KPNL Palu, lantas bagaimana kelanjutan program one man one cow serta fasilitas di lokasi Mini Ranch yang pembangunan telah menelan anggaran APBD puluhan milyar rupiah. Hal ini tentunya harus menjadi sebuah renungan kita bersama" ujar sumber itu menambahkan. 


Sementara Arfandi A.Wehantow S.IP. M.Si yang notabene selaku Kabid Asset sekaligus Pejabat Penjual  yang ditunjuk Pemda saat dimintai  konfirmasinya oleh media ini justru bungkam dan tidak memberi penjelasan apapun terkait dengan pelelangan 19 ekor sapi tersebut.

Meski begitu, Ketua Panitia Lelang Sumiati  Djafar kepada media ini menjelaskan bahwa salah satu yang menjadi alasan sehingga dilakukanya pelelangan sebanyak 19 ekor sapi tujuanya tak lain  adalah untuk optimalisasi fungsi keberadaan  Asset yang hingga saat ini masih dalam penguasaan Pemda Buol. Menyusul keberadaan sapi tersebut saat ini masih  berada di lokasi Mini Ranch Air Terang Kecamatan Tiloan, tutur Sumiati melalui via telpon Senin (12/6-2023

Dan pelelangan sapi itu tidak ada hubungannya dengan keberadaan fasilitas Ranch. Karena pelelangan sapi ini sifatnya berdiri sendiri. 

" Dan untuk lebih jelasnya, bagaimana keberadaan fasilitas Mini Ranch itu, silahkan Bapak tanyakan ke pimpinan saya" ujar Sumiati menyarankan. 

Sementara Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Buol, Ir.H Usman Hasan, M.Si mengatakan terkait pengelolaan Ranch tempat pembibitan sapi itu, sesuai program itu akan dikerjasamakan dengan pihak ketiga.

" Jadi, setelah penataan semua administrasi aset Ranch, baru dilakukan Kerja Sama Operasional dengan pihak ketiga" jelas Usman melalui chat watshaf kepada media ini Senin (12/6-2023) ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update