Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sebagian Besar Medan Operasi di Perairan : Satuan Udara Koarmada III Gelar Latihan Penyelamatan Awak Pesawat di Bawah Air

6/09/2023 | 06:26 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-08T23:27:01Z


Sorong, alasannews.com--Satuan Udara (Satud) Koarmada III Sorong melaksanakan Latihan Aircraft Underwater Escape Training (AUET) TA. 2023.  Latihan tersebut dibuka oleh Kolonel Laut (P) Dani Hamdani Komandan Satud Koarmada III selaku Perwira Pelaksana Latihan (Papelat) dalam latihan tersebut. Kamis (08/06/23).

Latihan dilaksanakan di Mako Koarmada III dan di kolam renang Tirto Sagoro-6 dengan menggunakan alat peraga yang disimulasikan sebagai pesawat udara. Latihan ini dimulai dari mulai tanggal 5 s.d 9 Juni 2023.  Aircraft Underwater Escape Training (AUET) merupakan suatu latihan penyelamatan diri dari pesawat ketika berada didalam air yang merupakan bagian dari latihan prosedur pelepasan diri (escape) awak pesawat udara yang mengalami pendaratan darurat di laut, danau maupun sungai.


Adapun tujuan latihan tersebut adalah meningkatkan kemampuan awak pesawat udara TNI Angkatan Laut dan kesiapan operasional dalam melaksanakan prosedur emergency sebelum, selama dan sesudah melaksanakan pendaratan darurat di air (ditching) dengan sasaran latihan terpeliharanya kemampuan awak pesawat udara dalam melaksanakan prosedur emergency.

Ditempat terpisah Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi mengatakan, medan operasi pesawat udara TNI AL sebagian besar berada di laut/perairan yang memiliki potensi kecelakaan/keadaan darurat yang disebabkan karena faktor kondisi teknis, alam/cuaca, maupun kesalahan manusia (Human Error), oleh karena itu, diperlukan ketrampilan dan kesigapan para pengawak pesawat udara dalam menghadapi keadaan yang bersifat darurat.

Peningkatan pengetahuan dan ketrampilan serta kesamaan prosedur pengawak pesawat udara TNI AL dalam penyelamatan setelah mendarat darurat di air menjadi kebutuhan yang vital,  dengan terus berlatih menghadapi keadaan emergency akan meminimalisir kerugian personel dan material, pungkas Pangkoarmada III.

Kadispen 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update