Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Perspektif Mayjen TNI RidoHermawan,M.Sc."Menuju Indonesia Adil dan Makmur

7/28/2023 | 11:36 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-28T04:36:53Z

Jakarta. Alasannews.com - Dua ribu kilometer dari Indonesia, nun di sebelah timur Madagaskar, terdapat negara kepulauan bernama Mauritius. Terdiri dari kumpulan pulau vulkanik dengan segala keindahan alamnya, yang hampir mirip dengan negara kita. Inilah negara terkuat dan terkaya di Afrika, dengan pendapatan penduduk per kapita 19.600 dollar AS.

Padahal mereka tak memiliki minyak dan mineral untuk ditambang. Namun negara mungil ini sanggup menyediakan pendidikan gratis hingga jenjang perguruan tinggi, termasuk transportasi dari rumah ke semua sekolah.


Pendidikan adalah pelayanan yang disediakan pemerintah Mauritius untuk rakyat secara cuma-cuma dan tidak seperti barang yang diperjualbelikan. Tersedia juga layanan medis gratis bagi setiap penduduknya, termasuk operasi bedah jantung yang memerlukan biaya besar.

Di sini, tidak ada bisnis untuk urusan kesehatan rakyat. Perkara tempat tinggal, 90 persen penduduknya sudah memiliki rumah sendiri. Tidak ada keluarga tunawisma, atau keluarga yang mengeluhkan harga tanah dan properti yang tinggi.

Memang tak sepadan membandingkan Indonesia dengan Maurutius, yang luas total wilayahnya sekitar 2.040 kilometer persegi atau sekitar 790 mil persegi. Sementara kepulauan Indonesia membentang dengan luas 1.904.569 kilometer persegi atau sekitar 735.358 mil persegi.

Hal menarik lain dari Mauritius, Presiden Dr. Ameenah Gurib-Fakim, doktor di bidang kimia organik, punya ujaran yang cukup terkenal di sana, “Dunia politik yang memilihku, bukan aku yang memilihnya.” Berbanding terbalik dengan situasi di negara kita, di mana oknum para pejabatnya berharap dipilih oleh rakyat, dan setelah menjabat, mereka sibuk dengan urusannya sendiri.

Penulis  : Mayjen TNI Rido Hermawan Pengajar di Lemhannas Bidang Kewaspadaan Nasional

( Anna Ramai)
Editor : Gugun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update