Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

SULTENG: Pangan dan Hilirisasi, Dua Sisi Mata Uang, Perlu Jadi Pehatian

8/02/2023 | 11:30 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-02T04:31:01Z


Oleh Hasanuddin Atjo, Ketua KP3,
Komisi Penyuluhan Pertanian 

Pangan dan Energi menjadi dua komoditas strategis membangun daya saing sebuah Negara. Hal ini bisa terlihat begitu “paniknya” satu pemerintahan di Pusat  maupun di Daerah saat  sedang menghadapi kelangkaan  pangan dan energi yang berkepanjangan. 

Kelangkaan bisa memicu naiknya  angka inflasi.  Pada kurun waktu yang panjang, danpaknya akan meningkatkan kemiskinan, stunting dan pengangguran, bahkan pada kondisi dan sutuasi tertentu bisa menyebabkan kelaparan berujung pada terganggunya stabilitas. 

Peningkatan Produksi dan Hilirisasi komoditas nikel pada umumnya, khususnya di kabupaten Morowali dan Morowali Utara, Sulteng telah menunjukkan hasil yang signifikan dalam pemingkatan PDRB, devisa maupun penyerapan tenaga kerja, seperti yang disampaikan Presiden Jokowi pada pengukuhan APINDO, Asosiasi Pengusaha Indonesia di Jakarta Senin sore 31 Juli 2023. 

Sebelum hilirisasi nikel, devisa dari ekspor  bahan mentah mencapai 2,3 milyar dolar AS atau sekitar 31 triliun rupiah tahun 2014-2015. Dan setelah hilirisasi tahun 2022 devisa mencapai 33,80 milyar dolar AS atau sebesar 510 triliun rupiah. Ini baru satu komoditas kata Jokowi. Dan diharapkan juga menular pada komoditas lainnya. 

Tidak hanya itu, laju pertumbuhan ekonomi di Sulteng tadinya pada kisaran 7,0-7,5 %, setelah hilirisasi nikel meningkat menjadi 15%. Dan lebih menggembirakan penyerapan tenaga kerja menjadi 71.500 orang yang sebelumnya hanya berkisar 1.800 orang. Disayangkan tenaga kerja banyak diisi dari luar daerah. 

Meningkatnya kebutuhan tenaga kerja bagi industri tambang nikel di kabupaten Morowali dan Morowali utara membutuhkan suply pangan baik dalam bentuk segar maupun hasil olahan (hilirisasi). Hanya saja kebutuhan ini, doninan disuply oleh produksi dari luar daerah seperti Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. 

Harus diakui bahwa peningkatan produksi dan hilirisasi pangan tidak semudah dengan tambang nikel. Kalau pangan penyediaan bahan bakunya harus berproses dengan tantangan yang lebih kompleks antara lain teknologi, sumberdaya manusia, iklim dan musim serta butuh waktu relatif lama dibanding dengan tambang, tinggal menggali dan memprosesnya. 

Kesempatan emas ini seyogianya harus dimanfaatkan oleh Sulawesi Tengah agar bisa menjadi suplier utama untukmemenuhi kebutuhan pangan para tenaga kerja  industri tambang nikel di Morowali maupun Morowali Utara yang akan terus meningkat. Dan sekaligus sebagai upaya  menjadi penyanggah IKN dalam pemenuhan pangannya yang akan resmi berpindah pada tahun 2024. 

Kepala Daerah terpilih tahun 2024, 2029 dan seterusnya akan menjadi  prime mover terhadap kemampuan mengambil peran Sulawesi Tengah sebagai suplier pangan utama bagi Kebutuhan Pangan  pada Industri tambang Morowali dan Morowali Utara  serta IKN baru di Kaltim. 

Peningkatan produksi pangan dengan cara cara baru inovatif dan modern , diikuti  pengembangan hirisasinya menjadi poin yang tidak kalah pentingnya.  Prinsip dua sisi mata uang menjad filosofi yang harus dipedomani. Desain Integrasi program dan pengawalan dalam implementasi menjadi kunci.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update