Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sidak, Danlanudal Tanjungpinang Cek Kesiapan Prajurit Hindari Pinjol

9/22/2023 | 12:57 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-22T05:57:12Z


ALASANnews -- Komandan Pangkalan Udara Angkatan Laut (Danlanudal) Tanjungpinang, Puspenerbal, Kolonel Laut (P) Triwibowo melakukan inspeksi mendadak (Sidak) saat Jam Komandan untuk mengecek kesiapan prajuritnya yang dilaksanakan di Lapangan Apel, Apron Lanudal Tanjungpinang, Jumat (22/9/2023).

Komandan Lanudal diikuti perwira staf mengecek kesiapan prajurit mulai dari kehadiran, kerapihan setiap personil dan kelengkapan atribut yang dikenakan masing masing personil.

Usai sidak kelengkapan, kegiatan dilanjutkan dengan pengarahan Danlanudal mengenai larangan bagi anggotanya untuk melakukan pinjaman online (Pinjol), di karenakan maraknya judi online akhir akhir ini. 

Menurut Danlanudal, pinjol bisa dibentuk atas praktiknya yang justru memberi mudharat bagi masyarakat peminjam dana. Ada tiga yang perlu diperhatikan. Satu, besarnya suku bunga yang dibebankan pinjol kepada peminjam lebih besar dari bank tradisional.

Kedua, cara penagihan pinjol yang terkadang dilakukan dengan intimidasi dan menjatuhkan martabat manusia.Ketiga, pencairan pinjol yang tidak memperhatikan kondisi keuangan peminjam seperti halnya rentenir.

Hal ini lanjutnya, berbeda dengan bank yang mengetatkan persyaratan pencairan kredit dan pencairannya sesuai kemampuan keuangan peminjam agar tidak memberatkan maupun mencegah risiko macet di tengah jalan. 

"Jadi, masalahnya bukan hanya soal bunga tinggi saja. Namun penyedia pinjol legal maupun ilegal tidak peduli berapa disposible income yang dimiliki peminjam sebagai indikator dia mampu membayar angsurannya dan masih mampu memenuhi kebutuhan- kebutuhan penting lainnya," paparnya.

Untuk itu, Danlanudal mengingatkan seluruh personelnya untuk menghindari pinjol yang dapat menjerat dan memberatkan peminjam, upayakan menabung walau sedikit dan gunakan fasilitas resmi perbankan seperti ke Primkopal atau ke bank milik pemerintah atau swasta nasional lainnya bila terpaksa harus meminjam dana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update