Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kapolda Kalbar Hadiri Ritual Adat Tugu Tolak Bala Diacara Agenda Besar Napak Tilas Kabupaten Ketapang !

10/22/2023 | 11:52 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-22T04:52:13Z

KETAPANG , Alasannews.com - Kapolda Kalimantan barat, Irjen pol Pipit Rismanto, menghadiri ritual adat tolak balak tepatnya di jalan Merdeka Kecamatan Delta Pawan Kabupaten Ketapang.

Ritual acara adat tersebut merupakan salah satu rangkaian acara Napak Tilas Perjuangan, pembangunan budaya tahun 2023, serta pembangunan tugu merupakan lambang persatuan dan keberagaman semangat kebersamaan dalam menghadapi tantangan komflik, seperti yang dikatakan Kapolda Kalbar.


Didalam rangkaian kegiatan Kapolda Kalbar memberikan asosiasi dan apresiasi kepada Pemkab Ketapang beserta seluruh masyarakat Kabupaten Ketapang, serta kegiatan ini merupakan momentum untuk mengingat kembali para pejuang, leluhur yang telah gugur, dan berjasa membela tanah air kita.

Kapolda Kalbar mengajak, "mari kita memberikan penghormatan dan penghargaan yang setinggi-tingginya, dengan slalu menjaga warisan dari leluhur kita, sebab tugu tolak balak/tugu perdamaian memiliki makna yang sangat mendalam bagi masyarakat kabupaten Ketapang", imbuhnya Kapolda Kalbar.


"Lebih lanjut dikatakannya, " Tugu ini merupakan sebuah lambang  persatuan dan keberagaman, serta semangat kebersamaan dalam tantangan komflik  yang terjadi".

"Tugu yang dibangun pada tahun 2021, dimana tahun tsb terjadinya gejolak di kabupaten Ketapang bersiteru dengan kabupaten lainnya, antara suku, ras, agama, namun dikala itu di kabupaten Ketapang situasi aman dan kondusif", tuturnya kembali.

Harapan Kapolda Kalbar, dengan adanya ritual ini, dapat mengajarkan generasi muda tentang pentingnya menjaga perdamaian, menghormati perbedaan dan membangun harmoni di tengah masyarakat, dan kegiatan ini merupakan momentum yang tepat untuk memperkuat kemitraan antara kepolisian, masyarakat, dan para pemangku adat dalam menjaga kerukunan di kabupaten Ketapang, pungkasnya.

Diakhir acara ditutup dengan penandatanganan prasasti revitalisasi kawasan tugu tolak balak, momentum panca karya Ketapang, tutupnya.

Ketua DPRD Kabupaten Ketapang, M.Febriadi menambahkan saat diwawancarai oleh tim media alasannews.com tepat di rumah kediamannya, bahwa ia juga sangat mendukung mengapresiasi kegiatan, dan meminta kepada masyarakat Kabupaten Ketapang agar kiat mendukung pelaksanaan kegiatan ini selama berlangsung hingga suksesnya sampai selesai, pungkasnya.

Di dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolda Kalbar, Bupati dan wakil Bupati Ketapang, Ketua DPRD, Gusti Kamboja, unsur prokopimda beserta jajarannya.

Teguh
Editor : Gugun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update