Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Rumah Sakit Umum Daerah Tombulilato,Gorontalo Merayakan Hari Kesehatan Jiwa Se-Dunia

10/12/2023 | 15:44 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-12T08:44:21Z

Gorontalo , Alasannews.com -  pada selasa tanggal 10 oktober 2023. Rumah Sakit UMum Daerah Tombulilato merayakan hari kesehatan jiwa seDunia bersama pasien OSJ (orang sakit jiwa), dengan mengadakan berbagai perlombaan, seperti tarik tambang, lari kelereng, lari karung, dan juga lomba makan kerupuk, bersama pasien yang sudah koperatif, sementara pasien yang masih gaduh, belum di ikut sertakan.

Terlihat pasien OSJ sangat gembira dan bersemangat mengikuti lomba tersebut.
Awak.mediapun mewawancarai Direktur Rumah Sakit Tombulilato dr Milyadi Maksum di ruang kerjanya, tentang apa saja kegiatan Orang Sakit Jiwa se hari harinya, dan di jelaskan yang mana setiap pagi mereka melakukan kerja bakti kemudian mandi,.makan dan minum obat bagi yang sudah bisa melakukan sendiri, tapi bagi yang belum bisa, harus di mandikan di beri makan dan minum obat serta disuruh istirahat.
Adapun pasien sakit jiwa yang dirawat di rumah sakit Tombulilato sekarang ini berjumlah 52 orang, terdiri dari 41 pria dan 11 perempuan. Dan yang di isolasi ada 12 orang karena mereka masih gaduh, alias suka berontak.


Rumah Sakit Tombulilato satu satunya rumah sakit jiwa yang berada di Provinsi Gorontalo. Dan sebagai Direktur Rumah Sakit Umum Daerah, yang berada di Tombulilato dr Milyadi Maksum juga berharap agar kita betul betul bisa menjaga status kesehatan pikiran dan jiwa masing masing undividu, supaya bisa menjadi individu yang sehat baik jasmani maupun rohani.

"saya juga menghimbau kepada masyarakat, agar tidak melakukan kekerasan secara fisik maupun ferbal kepada ODGJ ( orang dalam gangguan jiwa) dan stop untuk membuli mereka, dan stop untuk menilai mereka dari luarnya,"katanya.

"Karena mereka juga punya hak yang sama dengan kita, yakni hak untuk hidup, hak untuk bersosialisasi dan bila mereka di beri ruang yang tepat, mereka juga bisa menjadi pribadi yang bermanfaat bagi masyarakat,"tambahnya.

Dr.Milyadi Maksum berharap kepada warga masyarakat.Ia juga mengucapkan Selamat Hari Kesehatan Mental SeDunia untuk seluruh masyarakat di Provinsi Gorontalo.

(Sela)
Editor : Gugun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update