Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

YP3K Hadiri Konsolidasi Nasional Bawaslu Dengan Pemantau Pemilu Se Indonesia

12/31/2023 | 12:04 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-31T05:04:12Z

ALASANNEWS.COM - Yayasan penyuluhan pelatihan dan pendidikan khatulistiwa menghadiri konsolidasi Nasional Badan pengawas pemilu (Bawaslu ) Republik Indonesia bersama pemantau pemilu se Indonesia.

Sebagai lembaga pemantau pemilu lokal sudah menjadi tugas dari  YP3K untuk memantau, mengawasi, dan memastikan keberlangsungan proses pemilihan di tingkat lokal berjalan dengan jujur  transparan, adil, dan sesuai dengan aturan yang berlaku.


Setidaknya ada 99 lembaga pemantau pemilu terakreditasi yang hadir dalam kegiatan konsolnas Bawaslu RI pada Kamis 28 hingga 30/12/23 bertempat di Hotel Ibis Style Tanah Abang Jakarta Pusat.

Konsolnas ini dilakukan untuk menguatkan kembali kerja-kerja kolaboratif pengawas Pemilu dan Pemantau Pemilu di tingkat kabupaten kota, porvinsi maupun Nasional, salah satunya dengan sharing sesama pemantau pemilu dan pengawas pemilu.


“Konsolidasi ini sendiri sebagai ajang sharing pengawasan di lapangan agar pemberdayaan pemantauan Pemilu berjalan seiring,” ucap ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja SH, LL. M.

Selain itu, keterlibatan lembaga pemantau pemilu dalam konstelasi politik ini sangat penting.

Keterlibatan lembaga pemantau pemilu menjadi kunci untuk memastikan proses pemilihan umum berlangsung secara jujur, adil, transparan, dan dapat dipercaya dalam konteks politik yang dinamis.


Bawaslu berharap agar lembaga pemantau pemilu dapat bekerja secara independen, transparan, dan akurat dalam mengawasi jalannya proses pemilu serta melaporkan temuan-temuan yang mereka dapatkan dengan jujur dan tepat waktu.

Disamping itu, “pemantau pemilu diharapakan terus meningkatkan kompetensi dan kapasitasnya serta mengedepankan integritas yang tinggi.”ucapnya.

Juladri SH selaku ketua pemantau pemilu (YP3K) mengatakan, “kegiatan ini merupakan kegiatan yang penting, karena dengan adanya Konsolnas ini kita dapat menyamakan persepsi antar sesama pemantau pemilu dan dapat bertukar pikiran terkait masalah-masalah pelanggaran kepemiluan kemudian cara penanganan yang efektif serta efisien.”

Kehadiran Bawaslu dan para pemantau pemilu sangat penting dalam memastikan integritas dan keamanan jalannya pemilu.

“Saya yakin bahwa dengan adanya sinergi antara Bawaslu dan para pemantau, kita dapat mewujudkan pemilu yang berkualitas dan meminimalisir kecurangan.”tambah juladri SH.

terakhir ia menambahkan, “Semoga acara konsolidasi nasional ini dapat menjadi momentum untuk memperkuat sistem pengawasan pemilu di Indonesia yang benar benar luber dan jurdil,"pungkasnya.

Red : Gugun/rn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update