Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemda Sulteng siapkan Kawasan Talaga sebagai Food Estate

4/05/2022 | 18:37 WIB | 0 Views Last Updated 2022-04-05T12:08:32Z



Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr. Rudy Dewanto,SE, MM, Bersama Kadis Bina Marga dan Tata Ruang , Ir. Syaifullah Djafar, M.Si. Kadis Pertanian dan Holtikultura , Ir. Nelson Metubun, M,Si, Tim Ahli Gubernur Hamdin, Camat Dampelas Aswin dan Tim Teknis Meninjau Lokasi Food Estate Adaong Desa Talaga Kecamatan Dampelas Kab. Donggala , Selasa , 5 April 2022.

Pada Titik Nol Lokasi Food Estate Adaong Desa Talaga Kecamatan Dampelas Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr. Rudy Dewanto, SE, MM, menyampaikan sesuai arahan gubernur bahwa lokasi ini sesuai usulan masyarakat akan dikembangkan Pengembangan Lokasi Food Estate diharapkan kepada kepada seluruh OPD teknis agar mematangkan perencanaan untuk Pembangunan Infrastruktur Jalan, mlland Clearing Lokasi yang disediakan ini untuk dapat mencapai tujuan yang diharapkan terkait pengembangan Food Estate guna mendukung Sulawesi Tengah sebagai daerah penyangga IKN.

Selanjutnya Rudy Dewanto, menyampaikan bahwa Pengembangan Food Estate Adaong desa Talaga akan menjadi kawasan Strategis Nasional dan menjadi Program Nasional untuk mendukung IKN dan direncanakan akan diresmikan langsung Presiden RI Ir. Joko Widodo olehnya agar dibuat Alternatip jalur kunjungan Presiden dan dipersiapkan Infrastruktur pendukungnya.

Kadis Pertanian dan Holtikultura , Nelson Metubun , menyampaikan bahwa Lokasi Food Estate Adaong Desa Talaga kecamatan Dampelas sangat potensial, kalau melihat tanahnya sangat subur dan sangat cocok untuk mengembangkan tanaman Cengkeh, Jagung dan Kedelai, Dinas Pertanian dan Holtikultura akan memberikan dukungan untuk pengembangan Food Estate Adaong Desa Talaga.

Selanjutnya Dinas Pertanian dan Holtikultura akan meningkatkan Produktifitas Produksi pertania melalui Lokasi Pertanian Masyarakat yang Eksisting sehingga harapan gubernur untuk mempersiapkan Pusat Logistik untuk IKN dapat terjawab.





Seperti Peningkatan Produksi Jagung di Kabupaten Tojo UnaUna , Kabupaten Buol, Produksi Holtikultura di Napu Kabupaten Poso, dan peningkatan Produksi dan produktifitas Padi di Kabupaten Banggai , Parigi Moutong dan Sigi, lebih jauh Kadis Pertanian dan Holtikultura menyampaikan Potensi Pertanian dan Holtikultura Sulawesi Tengah sangat tinggi dan siap untuk menjadi pusat logistik untuk IKN.

Selanjutnya Kadis Binamarga dan Tata ruang Ir. Syaifullah Djafar, M,Si, menyampaikan akan mempersiap insfrastruktur jalan menuju lokasi Food Estate Adaong Desa Talaga Kecamatan Dampelas Kab. Donggala dengan harapan percepatan fungsi Food Estate dapat segera diwujudkan.

Bahwa Lokasi Food Estate Adaong Desa Talaga Kecamatan Dampelas dari jalan trans menuju lokasi sepanjang 12 KM dan Luas Pengembangan Food Estate seluas lebih kurang 1.500 ha. si/bap


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update