Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Danpuspenerbal Buka Latihan Pemantapan Rescuer Puspenerbal Tahun 2022

5/10/2022 | 16:19 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-10T09:19:40Z




Sidoarjo, ALASAN . --

Bertempat di Fly Navy Lodge Lanudal Juanda Kecamatan Sedati Sidoarjo digelar pembukaan Latihan Pemantapan Rescuer Puspenerbal (Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut) tahun 2022. 

Kegiatan dihadiri dan dibuka oleh Komandan Puspenerbal Laksma TNI Dwika Tjahja Setiawan serta dihadiri Wadan Puspenerbal Laksma TNI Bayu Alisyahbana, Ir Puspenerbal, para Direktur Puspenerbal, Danwing Udara 2, Kafasharkan Pesud, Danlanudal Juanda, Dankolat Penerbal dan para Kasatker diluar Juanda melalui vicon. Selasa (10/5/2022). 

Kegiatan latihan pemantapan rescuer diikuti 44 peserta dilaksanakan selama empat hari dan pelaksanaan di Juanda serta di Paiton Probolinggo. Pemilihan lokasi latihan menilik dari berbagai pertimbangan salah satunya karena Probolinggo merupakan salah satu daerah dengan laut dan hutannya yang sesuai untuk latihan penyelamatan. 

Rangkaian kegiatan latihan pemantapan rescuer ini di mulai dengan diskusi materi Incident Command and Safety Officer oleh BNPP, diskusi dan drill kering Medical First Responder, diskusi, drill kering dan drill basah materi Vertical Rescue. Untuk tanggal 11 Mei dilaksanakan diskusi, drill kering dan drill basah materi SAR Helo Operation, Drill kering dan drill basah Water Jump (Helocast Technical) dan dilanjutkan dengan diskusi, drill kering dan drill basah materi Water Rescue.
 
Kemudian pada tanggal 12 Mei di laksanakan Lintas medan melaksanakan pencarian dan pertolongan di hutan Paiton, pada tanggal 13 Mei 2022 yaitu puncak dari rangkain kegiatan latihan pemantapan rescuer,  yaitu melaksanakan pencarian dan pertolongan serta evakuasi korban di laut yang terdiri dari bebearapa praktik, Praktik Helocast, Praktik Rescue Boat Operation, Praktik Hoisting dan Praktik Rescue Net, dimana kegiatan ini terfokus di perairan Paiton.

Komandan Puspenerbal Laksamana Pertama TNI Dwika Tjahja Setiawan dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas pelatihan yang diselenggarakan oleh panitia, karena telah menyelenggarakan kegiatan latihan pemantapan rescuer ini. Terimakasih juga kepada para pelatih khususnya BNPP, SAR Jawa Timur, AKP dan Kopaska yang telah sudi meluangkan waktunya untuk melatih para prajurit Rajawali Laut. 

Kepada para peserta saya minta berlatih dengan sungguh-sungguh sehingga ilmu yang didapat, bisa diaplikasikan di satkernya masing-masing, tegas Danpuspenerbal.rls

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update