Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Gempa Bumi M 5,8 Guncang Sulawesi Barat, Terasa Hingga ke Palu dan Makassar

Rabu, 08 Juni 2022 | 14:39 WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-08T07:43:57Z





Mamuju, alasannews.-
Gempa berkekuatan magnitudo (M) 5,8 mengguncang wilayah Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, pada hari ini, Rabu (8/6/2022).

Guncangan gempa tersebut terasa hingga ke Kota Palu, Sulawesi Tengah dan Kota Makassar yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan.

Informasi tersebut diperoleh dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa episentrum gempa berada di 43 kilometer barat daya Kabupaten Mamuju.

"Gempa itu terjadi pada pukul 12:32:36 WIB. Lokasinya berada di 2.74 derajat Lintang Utara dan 118.54 derajat Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer," tulis BMKG dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/6/2022).

BMKG menjelaskan bahwa gempa ini dirasakan di beberapa wilayah seperti Mamuju dengan kekuatan goncangan V MMI, Majene IV MMI, Pinrang III MMI, Palopo, Sidrap, Pangkep, Makassar, Masamba II MMI.

"Gempa Mamuju M5,8 siang ini memiliki mekanisme sumber sesar geser (strike slip) sehingga tidak dipicu sumber gempa Sesar Naik Mamuju (Mamuju Thrust), dan gempa ini tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG.

Lebih lanjut, BMKG menghimbau kepada seluruh masyarakat yang merasakan gempa bumi ini untuk berhati-hati gempa susulan.

Sampai berita ini disiarkan, belum diketahui informasi tentang wilayah mana saja yang mengalami kerusakan dan korban akibat gempa tersebut.tvrimamuju
×
Berita Terbaru Update