Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Wagub Ma'mun Amir sedih melihat kesejahteraan pengrajin, Apa Kabar Dekranasda?

7/14/2022 | 12:22 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-14T05:22:36Z


ALASANnews, Palu--
Tugas Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Tengah untuk memajukan kerajinan lokal dan kesejahteraan pengrajin dinilai belum optimal.

Hemat Wagub Drs. H. Ma’mun Amir, banyak produk (kerajinan) lokal yang belum sepadan dengan produk luar, bahkan tidak sedikit pengrajin lokal yang belum sejahtera.

“Saya bangga ada (beberapa kerajinan lokal) yang tampil di permukaan tapi sekaligus sedih karena (banyak) pengrajin Kita belum menikmati hasil-hasilnya,” ungkapnya pada acara pembukaan Rapat Kerja Daerah Dekranasda Sulteng di Hotel Sutan Raja, pada Kamis pagi (14/7).

Karena itu, dalam sambutan yang dibacanya, Gubernur Rusdy Mastura menaruh harapan besar ke Dekranasda dan jejaring kerja untuk proaktif dan lebih banyak action.

“Dari forum ini akan dirumuskan program-program kerja berbobot yang gilirannya dapat maksimal bagi perekonomian (daerah), memajukan kerajinan lokal termasuk upaya melestarikan warisan budaya kabupaten kota sebagai kearifan lokal Sulawesi Tengah,” harapnya untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada.

Serta mengusulkan Dekranasda serius mendampingi pengrajin supaya bisa mengakses KUR untuk kemajuan usahanya.

Karena KUR ini jelas wagub, diantara solusi penyelesaian pengangguran dan kemiskinan lewat pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

Begitu juga dengan aset-aset pemda yang nganggur kata wagub menjadi peluang emas pengurus untuk diberdayakan, misalnya disulap menjadi etalase atau gerai bagi produk-produk kerajinan lokal setempat.

“Contohnya ex VIP room di (bandara) Luwuk, Saya bilang ke bupati supaya dipinjamkan ke Dekranasda untuk promosi kerajinan dan begitu juga (harapan Saya) ke bupati-bupati lain,” pintanya supaya diikuti.

Terhadap penyampaian gubernur dan wagub maka Ketua Dekranasda Sulteng Dr. Ny. Hj. Vera Rompas Mastura, M.Si akan menindaklanjuti sekaligus berterima kasih atas pencerahan yang diberikan.

Ia juga meminta dukungan pemda kabupaten kota bagi pengrajin lokal di wilayahnya supaya bisa bangkit dari dampak Pandemi Covid-19.

“Saya support usul pemerintah provinsi tadi, dan itu berarti lampu hijau bagi Kami untuk dilaksanakan,” singkatnya dalam kata sambutan.

Usai acara dibuka, masih di ruang yang sama, Wagub didampingi Istri Ny Halimah Ma’mun Amir, Ketua Dekranas Sulteng Vera Rompas, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Richard A. Djanggola, SE, M.SA dan tamu undangan berkeliling melihat display produk-produk kerajinan yang dibawa tiap Dekranasda kabupaten/kota serta provinsi.sy/rbp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update