Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ternyata Ini Yang Dilakukan PJS Babel Mendatangi Panti Asuhan Pangkalpinang

Jumat, 16 September 2022 | 17:14 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-16T10:14:46Z


Pangkalpinang -- Bersedekah merupakan amal ibadah yang sangat disukai Allah SWT. Ada banyak ayat Alquran dan hadits tentang sedekah dan keutamaannya. 

Disebutkan bahwa pintu surga pun terbuka bagi orang-orang yang ikhlas mendermakan hartanya di jalan Allah maupun untuk membantu sesama yang sedang kesusahan.

Sedekah atau shodaqoh berasal dari kata "shadaqa" yang artinya jujur, benar, memberi dengan ikhlas. Ini mengisyaratkan bahwa orang-orang yang bersedekah berarti telah berlaku jujur kepada dirinya sendiri mengenai kelebihan yang telah di berikan oleh Allah.

Sedekah meliputi sedekah wajib (zakat) dan sedekah sunat (at-tatawwu) atau sedekah spontan dan sukarela yang sama artinya dengan infak.

Mengapa Allah dan Rasulullah memerintahkan umatnya untuk bersedekah? Sebab, di dalam sedekah itu tertanam berlipat-lipat pahala. Allah memberikan ganjaran dan menyayangi umatnya yang peduli terhadap sesama.

Allah SWT berfirman:

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ

Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah peinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak. (QS. Al hadid: 18).


Bersedekah tidak mengenal waktu. Dalam artian, tidak harus menunggu saat sudah kaya atau sukses karena akan datang penyesalan kelak jika ajal menjemput.

Dalam Alquran, Allah SWT berfirman: 

{وَأَنْفِقُوا مِنْ مَا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلا أَخَّرْتَنِي إِلَى أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُنْ مِنَ الصَّالِحِينَ}

Artinya: "Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata, "Ya Tuhanku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh.” (QS. Al-Munafiqun: 10).

Berangkat dari perintah Allah SWT itulah sejumlah anggota organisasi profesi pers yang tergabung dalam Perhimpunan Jurnal Siber (PJS) menyisihkan sebagian rezekinya untuk bersedekah sembako kepada anak-anak panti asuhan kota Pangkalpinang dan masyarakat kurang mampu. 

Selain itu, kebijakan pemerintah menaikan BBM tentunya mempengaruhi melambung harga sembako di negeri Serumpun Sebalai provinsi Kepulauan Bangka Belitung membuat sejumlah panti asuhan pun berharap kepada masyarakat yang darmawan bersedekah agar anak-anak yatim piatu  mendapatkan kebutuhan sandang pangan yang cukup ditengah kondisi ekonomi kita yang kurang baik. 

Kepada jejaring media ini, Dedi Hidayat mewakili pengurus DPD PJS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membenarkan beberapa hari yang lalu menyerahkan bantuan paket sembako kepada pengurus panti asuhan di kota Pangkalpinang, antara lainnya kepada panti asuhan Muhammadiyah Pangkalpinang, Muara Kasih Bunda Kota Pangkalpinang, dan tukang parkir atau masyarakat kurang mampu lainnya.Jumat (16/09/2022).

"Bantuan sosial berupa paket sembako tersebut merupakan  sumbangan dari dewan pembina dan para sahabat pengurus PJS Babel yang menyisihkan rezekinya untuk dibelanjakan sembako kemudian disalurkan kepada adik-adik panti asuhan dan abang tukang parkir atau masyarakat kita yang kurang mampu, Semoga keberadaan kami pun organisasi pers PJS Babel dapat sedikit meringankan masyarakat kita dan bermanfaat bagi umat di Negeri Serumpun Sebalai, Aamiin." Pungkas Dedi (Sumber : KBO Babel).
×
Berita Terbaru Update