Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ketua Pengurus Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Buka Lomba Cipta Media Pembelajaran dan Lomba Dongeng

Rabu, 30 November 2022 | 17:28 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-30T10:28:20Z


ALASANnews.com -- 14 Guru TK Hang Tuah dan 20 Guru  SD,SMP,SMA dan SMK KAL terlibat dalam adu kecerdasan mendongeng dan Lomba Cipta Media Pembelajaran  berlangsung di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo yang dibuka secara langsung oleh Ketua Pengurus Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah  Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP Rabu,(30/11/22)

Ketua Panitia Lomba Dongeng Erna Meydiawati, S.Pd yang kesehariannya selaku  Guru TK Hang Tuah 4  melaporkan kesiapan lomba dengan peserta 14 guru dari  jajaran guru TK di Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah dengan mengambil  juri   Anies Listyowati. M.Pd dan Agus Setyono, S.Pd dari  UNIPA Surabaya.

Dalam lomba dongeng kali ini mengambil tema :  “ Literasikan Budaya Dongeng Sebagai Penguat Profil Pelajar Pancasila Bagi Anak Usia Dini”. Selain mengembangkan penguatan profil pelajar pancasila, mendongeng dapat melatih motorik anak, meningkatkan kimistri antara orang tua/guru dengan anak, sebagai salah satu cara untuk mendidik dan mengajarkan anak, serta melatih gestur atau kebutuhan gerak tubuh anak. Selain itu mendongeng merupakan bentuk literasi yang sangat komplit sekali. Mulai dari menulis, membaca, berbicara dan menyimak.



Dengan adanya lomba ini diharapkan guru PAUD agar terus berkarya, memotivasi semangat guru dalam memberikan pendidikan terbaik, sehingga anak-anak bisa mengambil manfaat atas apa yang diberikan guru, memberi kesempatan pada guru untuk mengasah kemampuannya sehingga dapat mengikuti lomba mendongeng pada tingkat atau ajang kompetisi yang lebih tinggi baik tingkat kabupaten/kota maupun nasional. 

Pada bagian lain juga dilaksanakan lomba Cipta Media Pembelajaran yang di ikuti oleh 20 guru ( SD, SMP, SMA dan SMK KAL). Bertindak selaku Ketua Panitia  Emy Wahyuni, S.Pd, M.Pd  yang kesehariannya selaku Kasadik TK Hang Tuah  22 Sidoarjo. Lomba mengambil tema :   “Ciptakan Inovsi Media Pembelajaran  Bermakna Menuju Kelas Merdeka Belajar”. Media merupakan suatu alat atau sarana atau perangkat yang berfungsi untuk menyampaikan informasi dan dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari guru kepada peserta didik sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat pembelajaran yang menjurus kearah terjadinya proses belajar.  Merdeka belajar membuka ruang interaksi antara guru dan peserta didik semakin terbuka. Kondisi mendukung pembelajaran lebih interaktif sekaligus komunikatif.

Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP disela-sela lomba berlangsung di damping ketua panitia lomba melihat dari dekat pelaksanan lomba yang berlangsung mulai jam 08.00. Lomba mendongeng setiap peserta di alokasikan waktu 10 menit, sedangkan pada lomba  Cipta Media Pembelajaran, peserta  di alokasikan 15 menit. Tim juri di datangkan dari  Balai  Besar Guru Penggerak  Provinsi Jawa Timur  Abdul Rahman , S.Pd. M.Ed dan  Hanes Hery Pujianto, S.Kom., M.Pd. 


Katagori Lomba Cipta Media Pembelajaran  dilingkungan Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya antara lain berupa Game Pembelajaran, poster, media interaktif, aplikasi android, Video Pembelajaran, Pembelajaran Film, Video tutorial, Media pembelajaran digital.  Hasil  dari kedua lomba kali ini baru akan diumumkan pada saat Puncak Peringatan HUT Yayasan Hang Tuah ke-76 yang akan jatuh 14 Januari 2023 mendatang (yht/dar).
×
Berita Terbaru Update