Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bersama SAR Gabungan, Koarmada III Laksanakan Pencarian Kapal KM Vivie Rae II

3/06/2023 | 03:55 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-05T20:55:29Z

Bersama SAR gabungan, TNI AL berusaha menemukan kapal yang mati mesin di laut Arapuru

TNI AL
ALASANnews.com.--Koarmada III Kerahkan Unsur Udara dan Laut untuk mencari KM Vivie Rae II yang mengalami mati mesin di perairan Arafura. 

Usaha pencarian ini, awalnya Koarmada III menerima laporan tersebut dari Pangkalan TNI Angkatan Laut/ Lantamal XI Merauke yang meneruskan informasi dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Merauke, Minggu (05/03/23).

Setelah menerima informasi tersebut Panglima Komando Armada III (Pangkoarmada III) Laksamana Muda TNI Agus Hariadi, M. Han, langsung memerintahkan Pesawat Udara/ Pesud Patmar TNI Angkatan Laut CN 235-220 MPA P-8304 dan Kapal Perang, untuk bergabung dengan Tim SAR Gabungan sebagai upaya mencari kapal yang sedang mengalami kerusakan mesin.


Hasil pencarian yang dilaksanakan Pesud Patmar TNI Angkatan Laut CN 235-220 MPA P-8304, dengan Pilot Kapten Laut (P) Triyoga Sakti I dan Co Pilot Lettu Laut (P/W) Catur Arum Nuryani, S.Tr.Han., akhirnya dapat menemukan KM Vivie Rae II dengan posisi terapung di Perairan Laut Arafuru, dari komunikasi antar pesawat dengan kapal tersebut  dapat diketahui  ABK kapal sebanyak 6 (enam) orang WNA dalam keadaan sehat, kebutuhan makanan yang ada di kapal masih mencukupi dan kapal tersebut  mengalami kerusakan dan menunggu evakuasi.

Kronolgis kejadian bermula saat KM Vivie Rae II bergerak dari Marshall Island pada tanggal 26 Februari 2023 menuju Sorong, dan  pada tanggal 02 Maret 2023 mengalami kerusakan mesin, selanjutnya Kapten kapal segera menghubungi Kantor perwakilannya yang berada di Bali untuk memintakan bantuan guna penarikan kapal KM Vivierae II tersebut.
Adapun Tim SAR Gabungan yang terlibat dalam pencarian dan penyelamat kapal tersebut adalah Basarnas Merauke, Lantamal XI Merauke, Kementerian Perikanan dan Kelautan Merauke, Polairud Merauke. 

Bersama SAR ini antara lain, Distrik Navigasi Merauke, dan SROP Merauke  serta  Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPPKL) Merauke.

Kadispen 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update