Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Atasi Merebaknya Kenakalan Remaja, Polres Tanjung Perak Surabaya Sasar Siswa SMKKAL-1

6/15/2023 | 18:04 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-15T11:04:40Z


Surabaya, Alasannews.com

Untuk menekan kecenderungan meningkatnya kenakalan remaja yang mengarah kepada  tindakan kriminalitas,  Kasatdik SMK KAL-1 Munawar, S.Pd mengundang  Perwira dan Bintara Polisi dari Kepolisian Tanjung Perak Surabaya (15/06/23) dalam rangka memberikan pencerahan kepada siswa SMK KAL-1  agar tidak terjerumus ke dalam kenakalan remaja tersebut.

AKP Herri  Iswanto beserta  Briptu Nabila dan  Brida Rama  di tengah-tengah 321  siswa kelas X  dan kelas XI SMK KAL-1  dengan gaya yang humanis menyampikan  beberapa materi antara lain Bahaya Geng Motor, Bahaya Tawuran  dan Persiapan / Tatacara masuk menjadi Anggota Kepolisian Republik Indonesia.

Menurut AKP Herry pengertian tawuran  adala sikap negatif yang di picu dari permasalahan kelompok, dengan perilaku yang agresif sehingga mengganggu ketertiban dan keamanan di lingkungan kita. Adapun faktor yang melalui proses internalisasi diri yang keliru oleh remaja pada umumnya  dalam menanggapi lingkungan dan pengaruh  dari luar, ini akibat dari  ketidakmampuan dalam beradaptasi  dengan lingkungan sekitarnya.

Kondisi semacam ini di akibatkan  adanya beberapa faktor,  faktor keluarga ( kondisi keluarga), perlindungan yang berlebihan dari orang tua dan tingkah laku kedua orang tua. Ada juga karena faktor lingkungan sekolah dan faktor lingkungan  tempat tinggal.

Sebagai solusinya,   Pama Polisi ini memberikan beberapa tip  yang di kutip dari Kartini Kartono : Bahwa siswa SMK KAL-1 agar tidak terjerumus kedalam kenakalan remaja maka  siswa harus pandai mawas diri, melihat kelemahan dan kekurangan  sendiri, melakukan koreksi terhadap  kekeliruan yang sifatnya  tidak mendidik dan tidak menuntun, beremansipasi dengan cara yang baik dan sehat, bergiat dalam pendidikan  yang relevan dengann kebutuhan pada  zamannya serta berkaitan  dengan pengembangan bakat dan potensi remaja.

Yang menarik dalam pertemuan ini, Polres Tanjung Perak Surabaya membawa  beberapa Taruna Akpol   dalam rangka menarik siswa SMK KAL-1 kiranya setelah lulus bisa tertarik untuk bergabung menjadi Anggota Kepolisian Republik Indonesia, hal ini tidak menutup kemungkinan karena para seniornya lulusan SMK KAL-1 mampu menjadi anggota TNI dan Polri, bahkan saat ini ada  anggota Kepolisan lulusan dari SMK KAL-1 yang bertugas di Kepolisian Tanjung Perak dan turut hadir di SMK KAL-1 sebagai almamaternya(yht/dar).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update