Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sekda Semangat Mengapresiasi Masyarakat Jungkal Yang Tetap Lestarikan Tradisi

6/04/2023 | 20:40 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-04T13:40:12Z

Ketapang KALBAR, Alasannews.com - Sekertaris Daerah Sekda Ketapang Alexander Wilyo, S.STP.,M.Si, hadiri rapat sapat tahun sisih musim di Desa Jungkal Kecamatan Tumbang Titi (02/06/2023).

Upacara adat ini merupakan ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan yang maha Esa (Duata perimbang alam bumi tanah arai) untuk tahun-tahun mendatang, serta ucapan terima kasih Sekda Ketapang kepada seluruh panitia penyelenggara, masyarakat adat Desa Jungkal Kecamatan Tumbang Titi, dan hal ini menjadi suatu kebanggaan, dikarenakan lataran adat sapat masih menjadi tradisi tetap lestari di Desa ini.

"Mewakili Pemkab Ketapang Sekda menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat yang sudah melaksanakan upacara adat sapat tahun ini, dikarenakan hal ini merupakan sebuah tradisi yang harus tetap dilestarikan, agar kita menjadi jati diri yang kuat, exsis, dan berdaulat secara budaya", ujarnya.

"Lataran tujuan kehadiran Sekda Ketapang di acara Sapat tahun sisih di musim ini, selain itu juga ingin memastikan bahwa adat jalan jamban titi sejak karosek mulai tumbuh, tanah mula menjadi tegak berdiri, serta saya berharap acara ini dapat diagendakan lagi di tahun depan, demi menghormati warisan para leluhur", ucapnya.

"Adapun pesannya, tetaplah selalu semangat, kita jaga kita rawat, trus lestarikan kepada anak cucu kita sampai kapanpun, karna adat merupakan identitas, budaya, tradisi, dan harga diri, serta kita boleh saja tak punya apa-apa, asal kita tidak boleh kehilangan harga diri yang tidak ternilai oleh apapun, salah satunya tetap melaksanakan upacara adat sapat tahun, tentobus, bapalas benua," pungkasnya.


Teguh
Editor : Gugun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update